Pengertian BSD dalam Dunia Software

Jika Sobat Gaptex sering mendengar istilah Unix, Linux, open source, dan sebagainya, pasti Anda juga pernah mendengar istilah FreeBSD ataupun BSD. Namun apabila Anda masih belum tahu apa itu BSD, maka dikesempatan kali ini kami akan membahas pengertian BSD dalam dunia software yang masih digunakan sampai sekarang. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, mari simak penjelasannya sebagai berikut.

Apa itu BSD?
BSD merupakan kepanjangan dari Berkeley Software Distribution yang menjadi turunan sistem operasi Unix yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Computer Systems Research Group (CSRG) dari University of California, Berkeley, dari tahun 1977 sampai 1995. Saat ini, istilah “BSD” sering digunakan secara non-khusus sebagai salah satu keturunan BSD yang bersama-sama membentuk cabang keluarga dari sistem operasi Unix-like. Sistem operasi yang berasal dari kode BSD asli tetap aktif dikembangkan dan banyak digunakan sampai sekarang.

Dalam perjalanannya, BSD telah dianggap sebagai cabang Unix, Berkeley Unix, karena berbagi basis kode awal dan desain dengan sistem operasi AT & T Unix yang asli. Pada 1980-an, BSD banyak diadopsi oleh vendor sistem kelas workstation dalam bentuk varian Unix proprietary seperti DEC ULTRIX dan Sun Microsystems SunOS. Hal ini dapat dikaitkan dengan kemudahan yang bisa dilisensikan, dan keakraban yang dimiliki oleh banyak perusahaan teknologi saat ini.

Meskipun turunan BSD proprietary ini sebagian besar digantikan oleh sistem UNIX System V Release 4 dan OSF/1 pada tahun 1990-an (keduanya memasukkan kode BSD dan merupakan basis dari sistem Unix modern lainnya), kemudian rilis BSD memberikan dasar untuk beberapa open proyek pengembangan sumber yang sedang berlangsung, termasuk FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, Darwin, dan TrueOS. Pada gilirannya, telah digabungkan secara keseluruhan atau sebagian dalam sistem operasi proprietary modern, misalnya, kode jaringan TCP/IP pada Windows NT 3.1 dan sebagian besar fondasi sistem operasi mac OS dan iOS milik Apple.

Awal Terbentuknya BSD
Distribusi Unix paling awal dari Bell Labs pada tahun 1970 mencakup kode sumber ke sistem operasi, yang memungkinkan periset di universitas memodifikasi dan memperluas Unix. Sistem operasi tersebut tiba di Berkeley pada tahun 1974, atas permintaan profesor ilmu komputer, Bob Fabry, yang telah berada di komite program untuk Symposium on Operating Systems Principles di mana Unix pertama kali dipresentasikan.

Sebuah PDP-11/45 dibeli untuk menjalankan sistem, tapi untuk alasan anggaran, mesin ini dibagikan dengan kelompok matematika dan statistik di Berkeley, yang menggunakan RSTS, sehingga Unix hanya beroperasi di mesin delapan jam per hari (terkadang selama siang hari, kadang juga di malam hari). Sebuah PDP-11/70 yang lebih besar dipasang di Berkeley pada tahun berikutnya, dengan menggunakan uang dari proyek database Ingres.

Juga pada tahun 1975, Ken Thompson mengambil cuti panjang dari Bell Labs dan datang ke Berkeley sebagai profesor tamu. Dia membantu menginstal Versi 6 Unix dan mulai mengerjakan implementasi Pascal untuk sistem tersebut. Mahasiswa pascasarjana, Chuck Haley dan Bill Joy, memperbaiki Pascal Thompson dan menerapkan editor teks yang lebih baik.

Universitas lain mulai tertarik dengan perangkat lunak di Berkeley, dan pada tahun 1977, Joy mulai mengoperasikan Berkeley Software Distribution (1BSD) pertama, yang dirilis pada tanggal 9 Maret 1978. 1BSD adalah add-on untuk versi 6 Unix daripada sistem operasi yang lengkap dengan sendirinya. Sekitar tiga puluh eksemplar 1BSD pun dikirim keluar.

Artikel menarik:  Ini Dia Aplikasi Mewarnai Terbaik di Android

Versi Berkeley Software Distribution kedua (2BSD), dirilis pada bulan Mei 1979, termasuk versi terbaru dari perangkat lunak 1BSD serta dua program baru oleh Joy yang bertahan pada sistem Unix sampai detiki ini. Sekitar 75 salinan 2BSD dikirim oleh Bill Joy.

Komputer VAX kemudian dipasang di Berkeley pada tahun 1978, namun port Unix dengan arsitektur VAX, UNIX / 32V, tidak memanfaatkan kemampuan memori virtual VAX. Kernel 32V sebagian besar ditulis ulang oleh mahasiswa Berkeley untuk memasukkan implementasi memori virtual, dan sistem operasi yang lengkap termasuk kernel baru, port utilitas 2BSD ke VAX, dan utilitas dari 32V dirilis sebagai 3BSD pada akhir tahun 1979. 3BSD juga disebut Virtual VAX/UNIX atau VMUNIX (untuk Virtual Memory Unix), dan gambar kernel BSD biasanya disebut “vmunix” sampai 4.4BSD.

Setelah 4.3BSD dirilis pada bulan Juni 1986, ditentukan bahwa BSD akan beralih dari platform VAX yang mulai menua. Platform Power 6/32 (kode nama “Tahoe”) yang dikembangkan oleh Computer Consoles Inc. tampak menjanjikan pada saat itu, namun segera ditinggalkan oleh pengembangnya setelahnya. Meskipun demikian, port 4.3BSD-Tahoe (Juni 1988) terbukti berharga, karena menghasilkan pemisahan kode mesin dan kode independen mesin di BSD yang akan meningkatkan portabilitas masa depan sistem.

Sampai saat itu, semua versi BSD menyertakan kode AT & T Unix yang dimiliki dan oleh karena itu, BSD tunduk pada lisensi perangkat lunak AT & T. Lisensi kode sumber menjadi sangat mahal dan beberapa pihak luar menyatakan ketertarikannya untuk melepaskan kode jaringan secara terpisah, yang telah dikembangkan seluruhnya di luar AT & T dan tidak tunduk pada persyaratan perizinan. Hal ini menyebabkan Network Release 1 (Net/1), yang tersedia untuk non-lisensi kode AT & T dan didistribusikan secara bebas berdasarkan persyaratan lisensi BSD dan dirilis pada bulan Juni 1989.

Setelah Net/1, pengembang BSD Keith Bostic mengusulkan agar lebih banyak bagian non-AT & T dari sistem BSD dilepaskan dengan lisensi yang sama seperti Net/1. Untuk tujuan ini, dia memulai sebuah proyek untuk menginstal ulang sebagian besar utilitas Unix standar tanpa menggunakan kode AT & T. Dalam delapan belas bulan, semua utilitas AT & T telah diganti, dan ditentukan bahwa hanya beberapa file AT & T yang masih ada di kernel. File-file ini telah dihapus, dan hasilnya adalah peluncuran Network Release 2 (Net/2) pada bulan Juni 1991, sebuah sistem operasi yang hampir lengkap yang dapat didistribusikan secara bebas.

Rilis terakhir dari Berkeley adalah 4.4BSD-Lite Release 2 tahun 1995, setelah itu CSRG dibubarkan dan pengembangan BSD di Berkeley berhenti. Sejak itu, beberapa varian yang berbasis langsung atau tidak langsung pada 4.4BSD-Lite (seperti FreeBSD, NetBSD, OpenBSD dan DragonFly BSD) tetap dipertahankan hingga kini.