Pengertian Brainware

Jika sebelumnya kita sudah membahas lengkap pengertian hardware dan pengertian software, maka kali ini kita akan membahas sebuah istilah yang cukup penting meski jarang terdengar yaitu Brainware. Bisa dikatakan tanpa adanya brainware, maka perangkat hardware maupun software tidak bisa berjalan dengan baik. Lantas, apakah pengertian brainware itu? Mari simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Untuk lebih mudah dipahami, brainware ialah orang yang sedang menggunakan dan mengoperasikan perangkat komputer. atau bisa juga didefinisikan sebagai manusia yang sedang menjalankan sebuah komputer dan mengatur sistem komputer tersebut. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan yaitu:

1. Analis Sistem
Analis Sistem adalah orang yang bertanggung jawab untuk penelitian, perencanaan, koordinasi, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis Sistem juga memainkan peran yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keterampilan yaitu analitis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain).

Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi dan fungsinya, pemahaman ini akan membantu dalam mengidentifikasi dan menganalisis penyelesaian masalah yang terbaik. Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan teknologi informasi.

Dan seorang analis sistem harus dapat bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, dan perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu analis sistem untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keterampilan interpersonal akan membantu analis sistem untuk berinteraksi dengan pengguna akhir serta pemrogram, administrator sistem dan profesi lainnya.

2. Programmer
Programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan menguasai satu atau banyak bahasa pemrograman seperti C, Pascal, Java, dan lainnya. Seorang programmer juga bisa dianggap sebagai pembuat dan petugas yang diharuskan untuk menyiapkan program pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

Tugas dari seorang programmer ialah untuk mengimplentasikan rancangan sistem analis yaitu membuat program, baik itu sistem operasi maupun aplikasi, dengan sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya. Sementara itu, tanggung jawab seorang programmer terbatas pada pembuatan program komputer.

Hal ini dikarenakan pengetahuan programmer cukup terbatas pada sistem komputer, utilitas, teknologi komputer, maupun bahasa-bahasa yang dibutuhkan. Kemudian, pekerjaan programmer bersifat teknis dan harus tepat dalam perancangan instruksi-instruksi program. Dilain pihak, pekerjaan programmer tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang, sehingga hanya mencakup sesama pemrogram dan analis sistem yang sedang menyiapkan rancang bangun suatu program tertentu.

3. Administrator
Administrator adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola sistem operasi dan program yang berjalan pada sistem komputer atau jaringan komputer.

Dalam urusan tugas dan tanggung jawab seorang administrator, hampir sama dengan tugas seorang operator. Berikut ini tugas-tugasnya:
– Mencegah flooding atau mengulang kata-kata yang sama dalam waktu singkat
– Mencegah capslock yang bisa mengurangi kesopanan dalam aturan chat
– Mencegah flaming atau perkataan yang bisa memancing emosi user lain
– Mencegah user yang promosi server lain di channel selain server mereka
– Mencegah badword atau kata-kata kasar maupun jorok dan tidak sopan
– Mencegah spam (stupid pointless anoying message)
– Menjaga ketertiban dan keteraturan dalam channel utama
– Menerima laporan stayer, cheater, leaver dari user yang ada di channel lalu memproses baned sesuai dengan bukti yang ada

4. Operator
Operator adalah pengguna yang bertugas untuk menjalankan dan melayani sistem atau peralatan komputer yang lebih spesifik. Sebagai contoh, seperti menyiapkan data untuk diakses merawat sistem komputer, dan sebagainya.

Selain itu, operator perlu mengikuti instruksi yang sudah ditetapkan dalam runbook yang sudah disusun oleh programmer. Namun, disini harus adanya pembatasan supaya operator tidak bisa memodifikasi program sebelum, selama, atau setelah program itu dijalankan.

Artikel menarik:  Pengertian Network Functions Virtualization (NFV)

Keempat tingkatan brainware di atas ialah pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Namun sebenarnya, di bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dan sebagainya.

Setelah mengetahui pengertian Brainware di atas, maka bisa disimpulkan bahwa brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak bisa berjalan tanpa adanya software, sedangkan keduanya tidak mampu bekerja tanpa adanya brainware. Jadi, ketiga komponen ini saling berkaitan erat dan saling membutuhkan.

Kategori Brainware
1. Laterat Komputer
Kategori brainware yang pertama yaitu laterat komputer yang berarti seorang user dengan pengetahuan dan pemahaman tentang apakah komputer ataupun bagaimana alat tersebut digunakan. Seseorang yang berprofesi sebagai laterat komputer tidak mempunyai kemampuan dan keterampilan untuk menganilisis kerusakan, mengidentifikasi atau memilih komponen yang baik untuk performa terbaik pula, memanfaatkan komputer untuk aplikasi berbasis interfacing. Selain itu, laterat komputer mampu merakitnya menjadi sebuah komputer yang lengkap dan bisa dioperasikan oleh orang lain.

2. Kompeten Komputer
Seorang kompeten komputer mampu menguasai terminologi komputer yang digunakan. Dengan kata lain, mereka menguasai fungsi bagian-bagian sistem komputer dan mempunyai keterampilan menggunakan komputer untuk mendapatkan informasi maupun tugas-tugas yang diinginkan.

Kategori brainware tersebut juga mempunyai kemampuan dalam hal mengidentifikasi dan memilih komponen komputer yang tepat agar performa yang dihasilkan juga baik. Biasanya, lulusan D3 Telkom dan Navigasi Udara diharapkan mempunyai kategori seorang kompeten komputer sebab peralatan Telekomunikasi dan Navigasi Udara saat ini dioperasikan dengan memakai sistem komputer sehingga seorang teknisi dituntut untuk selalu siap akan kehadiran teknologi komputer terbaru.

Konsep Hardware-Software-Brainware
Dalam konsep antara hardware, software, dan brainware sering disebut dengan konsep tri tunggal yang berarti tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pada tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru dapat dioperasikan untuk membantu manusia untuk menyelesaikan persoalan atau pekerjaannya.

Dari segi konsep tri tunggal, komponen brainware biasanya dibagi lagi dalam bagian-bagian tertentu yang bisa menunjang adanya internal check yang mencukupi, antara lain:
– Operator komputer, bertanggung jawab untuk memproses data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer
– Teknisi, bertanggung jawab untuk maintenance tentang semua hal yang menjadi permasalahan pada komputer, sehingga ia harus memiliki pengetahuan luas tentang troubleshooting dan lainnya
– Trainer ialah seorang brainware yang memiliki pengetahuan lebih banyak dibandingkan karena mendidik dan mengajar di bidangnya
– Konsultan, bertanggung jawab sebagai penasehat handal di dalam bidangnya
– Project Manager, bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komando dalam suatu project tertentu
– Programmer, bertugas membuat aplikasi komputer sehingga bisa memudahkan kinerja manusia melalui program yang sudah dibuatnya
– Spesialis Jaringan menjadi seorang brainware yang telah mahir di dalam dunia jaringan komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan jaringan komputer
– Graphic Designer, bertugas sebagai brainware yang mahir dalam suatu objek animasi
– Database Administrator, bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi, dan lainnya
– System Analis, bertanggung jawab untuk merancang, mendesain, dan menganalisa suatu program yang akan dibuat atau sudah jadi. Oleh karena itu, seorang sistem analis perlu berhati-hati dalam merancang suatu aplikasi supaya tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Berikut ini komponen brainware berdasarkan media organisasinya:
Network Platform : user, administrator, guest, backup operator, power user, replicator, debugger user, network config operator, help services group dan remote dekstop user.
Web Platform : designer, web master, operator dan user.
Software Builder : operator, programmer, dan analisis sistem.