Pengertian Brainware

Jika sebelumnya kita sudah membahas lengkap pengertian hardware dan pengertian software, maka kali ini kita akan membahas sebuah istilah yang cukup penting meski jarang terdengar : Brainware. Apakah brainware itu? Simak penjelasannya dibawah.

Pengertian Brainware

Pengertian Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 2 tingkatan :

1. Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan programprogram yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
2. Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu. Tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll.

Artikel berhubungan:  Pengertian Hardisk dan Fungsinya

Semoga bermanfaat!