Pengertian Bandwidth atau Lebar Pita

Sobat Gaptex, kali ini kita kembali membahas sebuah terminologi dalam dunia tekno yang layak untuk diketahui. Istilah yang akan dibahas pada posting ini adalah Bandwith atau lebar pita yang kerap terdengar di telinga atau terbaca dalam keseharian tatkala bersinggungan dengan komputer dan internet. Jika Anda pernah melihat tulisan “Bandwith Limit Exceeded” pada sebuah halaman website seperti gambar dibawah, maka susungguhnya bandwith memiliki pengertian yang lebih luas dari itu.

pengertian bandwith

Pengertian Bandwith
Pada dasarnya, Bandwith atau lebar pita adalah kuota atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi elektronik. Bandwith dihitung dalam satuan bit per second (bps). Jika rajin menyimak, maka Anda biasanya dapat menemukan spesifikasi bandwith pada berbagai macam alat elektronik dalam kategori nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital dan lain sebagainya.

Menggunakan teknik implementasi yang serupa, bandwith menjadi ukuran kuota pada sebuah web hosting yang menggambarkan kapasitas maksimum yang diberikan untuk lalu-lintas data yang terjadi setiap periode waktu (biasanya bulan atau tahun).

Jenis Bandwith
Ada 2 jenis bandwith yang dikenal, sebagai berikut :
1. Bandwith Digital – jumlah atau volume suatu data (bit per detik) yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
2. Bandwith Analog – perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Artikel berhubungan:  5 Situs Sms Gratis via Internet Terbaik

Bandwith Pada Web Hosting
Kerap disingkat dengan kode BW, Bandwith merupakan salah satu parameter yang penting dalam web hosting. Besarnya bandwith mempengaruhi kinerja sebuah paket penjualan web hosting secara keseluruhan. Secara umum, semakin besar lalu-lintas data yang terjadi pada sebuah website, semakin besar pula bandwith dibutuhkan. Pada webhosting, bandwith diukur dalam satuan Mega atau Gigabyte per month.

Saat ini, sebagian besar webhosting memberlakukan sistem unlimited bandwith dengan syarat dan ketentuan berlaku. Pelru diketahui bahwa bandwith berbeda dengan kapasitas penyimpanan yang menggambarkan data yang tersimpan pada sebuah server. Bandwith merupakan lalu-lintas data sehingga setiap user yang mengunjungi sebuah website akan menggunakan bandwith.

Pada banyak kasus dimana penggunaan bandwith melebihi ketentuan yang berlaku, pesan “Bandiwith Limit exceeded” akan secara otomatis muncul yang mengacu kepada layanan yang tersuspend.

So, sudah tahu kan pnegertian bandwith sekarang?
Semoga Bermanfaat!