Pengertian Alexa Rank

Bagi Anda yang memiliki blog pribadi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Alexa Rank. Alexa Rank merupakan situs resmi yang beralamat di www.alexa.com yang menyediakan layanan dan fasilitas informasi tentang peringkat atau rangking sebuah website yang didasarkan pada jumlah trafik pengunjung yang masuk ke situs tersebut.

Pengertian Alexa Rank

Di dalam Alexa Rank, Anda akan mengetahui rangking berapakah sebuah situs atau blog Anda, yang mana semakin besar trafik-nya, maka semakin tinggi pula rangking dari situs tersebut. Dan sebaliknya, apabila semakin kecil trafiknya, maka semakin renda juga peringkat dari situs Anda. Hal ini bisa dikatakan sangat penting diketahui oleh seorang blogger yang memang ingin membuat situsnya sebagai wadah bisnis.

Baca juga: Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Gratis

Alexa Internet, Inc merupakan salah satu anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California dan menyediakan data komersial mengenai traffic web. Awalnya Alexa didirikan oleh sebuah perusahaan independen tahun 1996, namun tiga tahun kemudian, Alexa di akuisisi oleh Amazon.

Seperti laporan tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic yang berupa peringkat situs website secara global atau dalam satu negara tertentu, serta berbagai informasi lainnya pada lebih dari 50 juta situs web yang terdaftar. Bahkan, situs web Alexa sendiri selalu dikunjungi lebih dari 10 juta orang setiap bulannya. Alexa Rank memiliki nilai peringkat dari nilai terkecil yakni angka 1 hingga berjuta-juta, dimana dalam perhitungan sistem di situs ini adalah semakin kecil nilai Alexa Rank, maka semakin baguslah peringkat website tersebut.

Artikel berhubungan:  Cara Menghindari Blog Redirection Bagi Pengguna Blogspot

Salah satu manfaat Alexa Traffic ialah dapat digunakan sebagai alat intelijen yang kompetitif namun Anda harus mempertimbangkan fakta bahwa ukuran sampel pengunjungnya terlalu kecil, cukup masukkan situs pesaing Anda di bagian “Bandingkan Situs” dan ukur hasil usaha pemasaran web Anda jika dibandingkan dengan pesaing Anda.

Berbeda dengan Google PageRank, semakin rendah rangking anda, maka situs website Anda semakin baik. Hal ini tentunya akan membantu Webmaster dan pengiklan melihat potensi pemasaran sebenarnya dari situs mereka. Semakin baik peringkat Alexa Anda, maka semakin tinggi pula mereka akan bersedia menawar untuk membeli ruang iklan di situs Anda. Halaman pribadi atau blog dipertimbangkan dan diberi peringkat dengan cara yang sama seperti situs Web reguler.