Berita

PC Windows 10 Chipset Snapdragon Segera Meluncur

Apakah Sobat Gaptex masih ingat dengan Windows RT? Sistem operasi tersebut pada dasarnya ialah Windows 8 yang ditujukan khusus untuk perangkat berbasis chip buatan ARM. Berbagai kelebihan Windows 8 juga sangat membantu para penggunanya ketimbang dengan versi Windows 7 sebelumnya. Walaupun gagal berkembang dan hanya dipakai oleh sedikit perangkat seperti ponsel Lumia 2520 dan tablet Surface, namun sepertinya Microsoft belum kapok dan masih berniat mengembangan varian PC Windows 10 untuk ARM.

PC Windows 10 Chipset Snapdragon Segera Meluncur

Di tahun 2016 lalu, raksasa software tersebut telah bekerja sama dengan Qualcomm untuk membuat sistem operasi yang dapat berjalan dengan prosesor Snapdragon. Belakangan ini, sebuah conference call dengan investor, CEO Qualcomm yaitu Steve Mollenkopf mengatakan bahwa Windows 10 untuk chip Snapdragon akan meluncur pada akhir 2017 ini.

Steve Mollenkopf menyebutkan jika Snapdragon 835 akan dikembangkan ke ranah PC Mobile berbasis Windows 10 yang telah dijadwalkan jadwal peluncurannya pada kuartal keempat tahun ini. Ia juga menambahkan bahwa laptop seluler pertama dengan Windows 10 yang menggunakan chipset terbaru besutan Qualcomm ini.

Selama ini, PC Windows 10 berjalan dengan arsitektur x86 seperti prosesor-proser besutan AMD dan Intel. Sebaliknya, chip Snapdragon buatan Qualcomm lebih banyak digunakan oleh peranglat mobile yang mengandalkan arsitektur ARM. Tentu saja hal tersebut menjadi berita menarik untuk para penggemar gadget mobile.

Artikel menarik:  U11 Eye, Smartphone HTC Pertama Usung Dual Kamera Selfie

Sayangnya, untuk saat ini belum ada rincian yang jelas mengenai PC Windows 10 yang akan datang dengan prosesor ARM, namun perkembangan terbaru itu dapat mengubah lanskap teknologi mobile serta memungkinkan produsen untuk lebih mengembangkan perangkat sistem operasi Windows 10 yang lebih ramah kantong, seperti tablet atau laptop yang telah memakai berbagai macam prosesor ARM dari Qualcomm.

Kelebihan dari PC Windows 10 yang dipersenjatai oleh prosesor ARM dari Qualcomm yaitu mobilitas yang lebih optimal, sehingga Anda bisa mendapatkan perangkat yang lebih bertenaga, hemat penggunaan daya, dan juga tetap terhubung dengan jaringan seluler, tanpa harus ada sambungan WiFi ataupun modem USB stick. Kita tunggu saja perkembangan apa selanjutnya dari projek PC Windows 10 yang disematkan chip Snapdragon dari Qualcomm ini.