Seputar Tekno

Panduan Memilih UPS Dengan Tepat

UPS merupakan salah satu komponen yang banyak digunakan di perusahaan atau instansi. Secara harfiah, UPS atau Uninterruptible Power Supply adalah komponen tambahan yang digunakan sebagai baterai untuk komputer dan menyediakan asupan listrik sementara jika ada pemadaman listrik. Namun, bagaimana membeli alat UPS yang cocok untuk komputer Anda? Berikut ini panduan memilih UPS dengan tepat.

Perangkat UPS mampu memback up data apabila komputer mengalami kekurangan atau kelebihan daya listrik. Bukan hanya itu, ketika listrik mati maka UPS akan menyimpan data secara otomatis. Lantas, bagaimana caranya Anda memilih UPS yang tepat, karena masing-masing pribadi pasti membutuhkan UPS sesuai dana dan kebutuhan yang Anda miliki. Untuk memilih UPS, ada beberapa panduan memilih UPS dengan tepat diantaranya:

1. Ukur Daya UPS yang Anda Butuhkan
Demi menghemat biaya, Anda perlu mengukur berapa besar daya UPS yang dibutuhkan. Umumnya, daya minimum yang dibutuhkan UPS ialah daya yang dapat memuat komputer dan modem tetap online. Apabila daya UPS yang akan Anda beli tidak mampu melakukan hal tersebut, maka jangan membelinya.

2. Pertimbangkan Tempat
UPS mempunyai jenis yang cukup beragam sehingga Anda akan menemukan unit-unit UPS yang mempunyai daya berbeda-beda pula. Tetapi, banyak yang digunakan ialah UPS untuk PC atau komputer. Sebelum Anda membeli, lebih baik pertimbangkanlah tempat untuk meletakkan UPS. Dalam hal ini, pastikan tempat peletakan UPS haru tepat agar bisa menghemat biaya.

Artikel menarik:  Mengenal Layar Bezel-less beserta Kelebihan & Kekurangannya

3. Perhatikan Baterai UPS
Untuk menghemat biaya, Anda dapat memilih UPS yang mempunyai daya baterai tahan lama. Biasanya, baterai UPS dapat bertahan sampai 5 tahun. Selain itu, sebaiknya Anda memilih baterai UPS yang dapat diganti, sehingga ketika baterai UPS sudah rusak, maka Anda dapat menggantinya tanpa perlu membeli yang baru.

4. Lihat Fitur UPS
Terakhir dan yang paling utama yaitu lihatlah fitur UPS tersebut. Semakin baik fitur UPS yang Anda pilih, pastinya memiliki harga yang semakin mahal pula. Kalau Anda memiliki budget yang lumayan besar, tidak salah juga membeli UPS yang mahal. Namun, kalau Anda memiliki budget minim, Anda bisa membeli UPS yang lebih sederhana tapi bermanfaat untuk kebutuhan Anda. Setidaknya, lihatlah fitur UPS seperti dukungan OS, layar, kabel filter, jumlah off battery, dan jumlah outlet on battery.