Panasonic LUMIX G9 Rilis, Kamera Mirrorless Sensor 20.3 MP

Pabrikan raksasa yang berasal dari Jepang, Panasonic kembali merilis sebuah produk kamera mirrorless terbarunya. Kali ini, Panasonic menghadirkan generasi penerus dari keluarga kamera LUMIX G miliknya. Kamera mirrorless interchangable lens ini ditujukan untuk Anda yang sedang melakoni profesi sebagai fotografer, terutama bagi para pemula, karena menawarkan kualitas gambar tertinggi dalam sejarah seri kamera LUMIX G.

Namun jika Anda sudah menjadi fotografer pro yang menginginkan kamera lebih mumpuni dengan full frame, Anda dapat membeli kamera seri ketiga Sony A7R Mark III yang mengandalkan resolusi tinggi sebesar 42,4 MP. Sedangkan Panasonic LUMIX G9 mengandalkan sensor 20.3 MP yang sangat cocok untuk teman perjalanan Sobat Gaptex semua agar tidak melewati momen penting saat liburan.

Spesifikasi Panasonic LUMIX G9
Kamera anyar Panasonic LUMIX G9 merupakan kamera mirrorless interchangable lens yang siap sedia untuk dibawa kemanapun karena ukurannya yang ideal dan harganya pun dipangkas lebih terjangkau. Sedangkan untuk spesifikasi yang dimiliki oleh kamera G9 adalah sensor Micro Four Thirds dengan ukuran 20.3 MP.

Kemudian sensor gambar pada Panasonic LUMIX G9 mengandalkan Venus 10 yang berupa mesin rendering terbaru yang membuat perangkat ini dapat menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Apabila Anda menginginkan gambar dengan resolusi tinggi, Anda cukup menggunakan tripod sebagai pendukungnya, maka Panasonic LUMIX G9 mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang sangat tinggi yaitu 80 MP dalam format JPEG atau RAW ketika mengambil gambar dengan dukungan tripod.

Bukan hanya itu, LUMIX G9 tersebut telah didukung dengan fitur 5 axis stabilization, sedangkan jika penggunanya menginginkan 6.5 stop slower shutter speed, maka akan didukung oleh lensa 2 axis stabilized yang membuat tingkat kestabilan dalam memotret maupun merekam video lebih tinggi lagi berkat fitur yang tersemat pada G9. Bahkan, kamera ini juga memberikan performa yang sangat stabil untuk foto dan video shooting.

Artikel menarik:  Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus Muncul di Geekbench

Aktivitas memotret dan merekam video semakin bagus, Panasonic sudah melengkapi kamera mirrorless dengan pilihan mode pemotretan, yang diantaranya mode burst 20 fps dengan kombinasi auto focus yang mempermudah untuk memotret objek bergerak dengan hanya satu bidikan namun menghasilkan gambar yang banyak serta kualitas gambar yang tajam dan jelas. Kamera mirrorless ini turut menawarkan rekaman beresolusi 6K dengan mode 30 fps, sedangkan untuk resolusi 4K dengan mode 60 fps.

Kamera mirrorless Panasonic LUMIX G9 mempunyai sistem autofocus Panasonic DFC yang disempurnakan dengan 225 poin, dimana pabrikan sendiri mengklaim bahwa waktu focus 0,04 detik menjadi yang tercepat di dunia. Terdapat pula viewfinder OLED yang mempunyai pembesaran 0.83x dan bisa dinyalakan antara 0.7 x, 0.77 x, dan 0.83x, yang berarti kamera ini mempunyai resolusi titik 3680k serta bidang pandang 100% dengan refresh rate 120 fps. Ada pula layar sentuh seluas 3.0 inch, 1040k dot.

Lebih hebatnya lagi, kamera Panasonic LUMIX G9 ini sangat mendukung konektivitas Bluetooth dan WiFi memungkinkan untuk mengirim file dan gambar ke perangkat gadget lain. Bicara soal harga, kamera mirrorless LUMIX G9 dibanderol $1699 atau setara Rp 23 jutaan dan untuk Battery Grip Panasonic seharga $ 349.99 atau Rp 4,7 jutaan.