Paket Internet Murah Nan Meriah Untuk Smartphone

Profil penggunaan internet pada smartphone tentu sangat berbeda dengan jenis koneksi yang dibutuhkan untuk perangkat komputer desktop maupun laptop. Sepanjang tidak difungsikan sebagai modem, koneksi internet pada smartphone dibatasi oleh lebar layar, kekuatan baterai dan kecepatan prosesor untuk melakukan multitasking dan multibrowsing.

Paket Internet Murah 1

Dengan demikian, pengguna dapat menentukan pilihan paket internet sesuai dengan tipikal, tujuan, fungsi dan kebutuhan akses internet di smartphone miliknya. Paket internet murah yang mencukupi kebutuhan penggunaannya adalah yang paling ideal.

Berikut beberapa informasi seputar paket internet murah yang sebaiknya Anda ketahui :
1. Untuk mendapatkan akses internet murah, paling ringkas adalah dengan memiliki smartphone dual-sim yang mendukung Anda untuk menerapkan ‘trik sekali pakai’ seperti yang pernah dijelaskan di posting ini (silahkan klik jika Anda belum membacanya).
2. Jika Anda masuk dalam golongan yang ‘boros’ hiburan, yaitu pengguna yang suka streaming video dan download aneka macam file, pertimbangkan untuk mengambil paket unlimited meski kecepatan akses menurun setelah mencapai kuota tertentu.
3. Jika Anda masuk dalam golongan yang hobi membaca (berita, buku, akses website) atau ber-sosial media saja. Sebanyak apa pun itu, penggunaan internet untuk kebetuhan tersebut terbilang cukup hemat kuota. Pertimbangkan paket berbasis volume yang murah dan dijamin kencang.
4. Berdasarkan pengalaman, akses internet di jaringan CDMA lebih stabil dibandingkan GSM. Tetapi tentu saja hal tersebut sangat dipengaruhi oleh sinyal pada wilayah pemakaian dan perangkat yang digunakan.
5. Selalu perhatikan paket internet yang hendak Anda gunakan karena ada berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku untuk paket yang terlampau murah, seperti jam akses yang diatas jam 12 malam dan lain sebagainya.
6. Paket internet bulanan biasanya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan paket harian maupun mingguan.

Artikel menarik:  Cara Mengatasi Android Lupa Kata Sandi Tanpa Factory Reset

Referensi Harga
Saat ini, hampir semua operator mengeluarkan paket internet smartphone dengan range harga yang tak jauh berbeda, sebagai berikut :
Kuota 1 GB : antara Rp. 40.000 – Rp. 60.000 per bulan untuk akses 24 jam kecepatan maksimum.
Kuota 3 GB : antara Rp. 80.000 – Rp. 100.000 per bulan untuk akses 24 jam kecepatan maksimum.
Kuota Unlimited : antara Rp. 50.000 – Rp. 150.000 per bulan untuk akses 24 jam kecepatan terbatas dan menurun.

Range harga paket lainnya akan sangat bervariasi sesuai dengan akses yang dibatasi pada jam tertentu saja (biasanya selepas tengah malam), atau network tertentu saja (hanya jaringan 3G) dan lain sebagainya. Pilih paket tersebut hanya jika Anda benar-benar memiliki profil penggunaan yang sesuai.

Dari fakta diatas, maka siasat satu-satunya adalah dengan mencari provider operator yang memiliki jaringan paling baik di lokasi Anda tinggal agar pengalaman berinternet Anda semakin nyaman. Siasat yang lain, tentu saja dengan menggunakan trik sekali pakai.

Sebagai informasi terakhir, Anda juga harus lebih jeli untuk memilah paket yang tersedia. Biasanya operator menyediakan paket internet khusus untuk pengguna smartphone, Android atau iPhone misalnya. Paket-paket tersebut dapat menjadi pilihan karena harga yang kerap lebih terjangkau dibandingkan paket yang tidak spesifik.

Semoga bermanfaat!