Pahami Berbagai Menu Shut Down di Windows 7

Meski keberadaan Windows 8 sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu, nyatanya jumlah orang yang menggunakan Windows 7 masih saja lebih mendominasi. Banyak orang tetap menggunakan Windows 7 dengan alasan fungsi dan budget. Jika Anda berpikir melakukan shutdown di Windows 7 adalah pekerjaan yang paling mudah di dunia, mari simak dulu artikel berikut.

Pahami Berbagai Menu Shut Down di Windows 7

Pada Windows 7, menu shutdown terdiri dari 4 pilihan dengan fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Berikut kami ulas satu persatu menu shutdown di Windows 7 :

Menu 1 : Shutdown. Jika Anda memilih shutdown tanpa mengklik lambang segitiga atau membuka opsi lainnya, Windows 7 akan menghapus seluruh yang masih berjalan dan sepenuhnya mati. Lakukan shutdown sempurna ketika komputer tak lagi digunakan atau pada malan hari.

Menu 2 : Restart. Menu ini akan melakukan reboot pada komputer. Pada momen tersebut, seluruh informasi akan disimpan di HD lalu mati sepersekian detik sebelum hidup kembali. Menu restart biasanya digunakan setelah selesai mengatasi masalah, memasukkan program baru atau konfigurasi yang membutuhkan restart.

Artikel berhubungan:  [Download] App BimaTri Untuk PC & Smartphone

Menu 3 : Sleep. Klik Sleep akan membawa komputer ke kondisi “low-power” tetapi tidak mati. Fungsi utamanya adalah Anda dapat kembali menggunakan komputer tersebut lebih cepat. Pada mode ini, konsumsi power akan lebih sedikit sehingga menghemat baterai maupun arus listrik.

Menu 4 : Hibernate. Pilihan hibernasi dipakai hanya pada perangkat laptop atau netbook. Hibernasi adalah sebuah mode yang berada di antara “sleep” dan “shutdown”. Pada mode ini, komputer akan sepenuhnya mati, tetapi seluruh pekerjaan yang terbuka (seperti web browser, office, dsb) akan kembali muncul ketika laptop kembali dihidupkan. Menu hibernasi tidak mengkonsumsi baterai sama sekali tetapi mengingat seluruh pekerjaan terakhir yang sedang Anda lakukan.

Semoga bermanfaat!