Orang Terkaya di Tiongkok Adalah … Bos Alibaba!

Industri komputasi dan e-commerce menjadi kian seksi dan mulai menunjukkan taringnya dimana-mana. Seperti yang kita tahu, orang terkaya di dunia selama bertahun-tahun adalah Bill Gates yang notabene bos Microsoft. Sementara itu, duo bos Google menempati 20 besar orang terkaya di dunia. Baru-baru ini kita juga pernah membahas harta milik bos Facebook yang luar biasa disini.

Taobao Revises Fee Plan

Ternyata fenomena tersebut berlanjut ke negri Tiongkok yang menobatkan bos Alibaba, Jack Ma sebagai orang terkaya disana. Total kekayaan Ma diperkirakan mencapai Rp 300 triliun berkat penjualan saham (IPO) Alibaba pada September 2014 lalu.

Jack Ma & Kekayaan “Semu”
Meski dinobatkan sebagai orang terkaya di negri tirai bambu, ternyata bos Alibaba merasa tidak senang. Alasannya karena dia merasa beberapa orang mulai ada di sekitarnya dikarenakan kekayaannya dan bukanlah karena pribadinya. ” Saya mau orang-orang lihat saya sebagai wirausaha, ini adalah orang yang mau bersenang-senang. Saya mau jadi diri saya sendiri,” katanya.

Yang Ma sejatinya adalah mantan guru bahasa Inggris yang mendirikan Alibaba sebagai raksasa bisnis internet di China. Dimulai pada tahun 1999, Yang Ma hanya perlu waktu 15 tahun untuk mencapai puncak kekayaannya melalui Alibaba.

Orang Terkaya di Tiongkok Adalah

Alibaba (Alibaba Group Holding Limited) dengan kode saham BABA adalah perusahaan e-commerce China yang menyediakan layanan C2C (Consumer2Consumer), B2C (Business2Consumer) dan B2B melalui portal Alibaba.com. Perusahaan ini juga menyediakan layanan pembayaran digital, mesin pencarian untuk berbelanja dan servis cloud.

Bagaimana dengan Indonesia?
Berdasarkan tren dan perkembangan yang kini terjadi di dalam negri, bukan hal mustahil dalam waktu beberapa tahun mendatang orang terkaya di Indonesia berasal dari pengusaha industri e-commerce “tulen”. Seperti yang kita tahu, saat ini portal besar dalam negri sudah diakuisisi oleh group-group besar seperti Kaskus oleh Djarum dan Detik oleh TransCorp.

Well, kita tunggu saja!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part