Seputar Tekno

Optimasi Penggunaan Google AdWords

Apa itu AdWords? Pertanyaan ini kerap diajukan oleh pemasar yang ingin memulai pemasaran melalui internet. AdWords ialah platform periklanan dari Google yang mana Anda bisa mengatur iklan bisnis. Di platform ini, Anda dapat mengatur lokasi penempatan iklan di pencarian Google, jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dan sebagainya. Namun, banyak orang yang bingung bagaimana cara optimasi penggunaan Google AdWords tersebut.

Seringkali Google AdWords di samakan dengan Google Adsense. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Anda bisa melihat perbedaan Google AdWords dan Google AdSense yang sudah kami terangkan waktu lalu.

Berikut ini dasar-dasar optimasi penggunaan Google AdWords untuk mendapatkan ROI (Return On Investment) dengan cepat.

1. Target
Yang pertama yaitu target. Anda perlu memeriksa penargetan lokasi kampanye. Caranya itu pilih tab Settings, klik Edit, lalu ‘Pencarian Khusus’ dan melihat area pada peta. Salah satu opsi penargetan favorit untuk bisnis lokal yaitu radius penargetan yang ada di sebelah kanan. Cara ini adalah cara yang bagus untuk menargetkan pengguna dalam jarak tertentu dari lokasi bisnis Anda.

2. Daftar Kata Kunci
Selanjutnya, pastikan Anda memakai kata kunci yang spesifik dan relevan. Kata kunci yang hanya terdiri dari satu kata, umumnya mempunyai arti yang terlalu luas. Dan jika kata kunci yang terlalu panjang, harus segera di optimasi lagi. Kemudian, periksa pula laporan ‘Rincian Kata Kunci’ dan perbaiki kata kunci sesuai kebutuhan. Gunakanlah metrik ‘rata-rata’ kemudian Pos untuk memastikan iklan Anda tampil di tempat yang baik pada halaman pertama pencarian.

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

3. Teks Iklan
Basis untuk penulisan teks pada iklan di Google AdWords sebenarnya sangat mudah, yakni masukkan kata kunci dalam iklan lalu berikan huruf kapital di setiap kata. Jangan lupa dengan kata call of action.

4. Ekstensi Iklan
Terakhir, Anda bisa membuka tab Ad Ekstensi dan baca dengan cermat pilihan di bawah menu ‘View’. Tiga TOP ekstensi yang sering digunakan yaitu ekstensi panggilan untuk siapa saja yang melakukan bisnis lewat telepon, sitelinks bagi siapapun dengan bagian terpisah dari situs web mereka dan ekstensi lokasi untuk bisnis lokal.