Oppo F5 Rilis, Miliki 3 Varian Harga Mulai Rp 3,9 juta

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Oppo F5 rilis di Indonesia dengan tiga varian berbeda berdasarkan kapasitas RAM dan penyimpanan internal. Varian pertama terdapat RAM 4 GB dan ROM 32 GB, serta tersedia dalam warna Gold dan Black. Varian ini sudah dapat dipesan sejak tanggal 11 November lalu dengan harga Rp 3,9 juta.

Oppo F5 varian kedua, memiliki RAM 6 GB dan ROM 64 GB yang tersedia dalam warna Black dan Red. Kabarnya varian ini sudah dapat di pesan sejak tanggal 13 November 2017 dan akan tersedia pada tanggal 2 Desember dengan harga sekitar Rp 5,2 jutaan. Penerus Oppo F3 ini memiliki varian ketiga yang disebut “Oppo F5 Youth” dan baru tersedia pada akhir November 2017 mendatang.

Kabarnya, varian terakhir itu mempunyai RAM 3 GB dan ROM 32 GB, serta kamera depannya beresolusi 16 MP dan belakangnya 13 MP. Namun sayangnya, belum ada informasi harga untuk varian ini. Sementara itu, ketiga varian Oppo F5 yang dirilis sudah mengusung desain smartphone populer yaitu layar dengan aspek rasio 18:9 dan bezel less.

Kamera Selfie Lebih Pintar
Tampaknya Oppo ingin lebih menggaet konsumen dengan menyematkan kamera selfie pintar dengan fitur terbaru bernama “Al Beauty Recognition”. Fitur ini tersemat pada kamera depan beresolusi 20 MP dengan bukaan f/2.0. teknologi kecerdasan buatan ini diklaim mampu mengenali jenis dan warna kulit, jenis kelamin, subjek foto secara detail, dan tentu saja usia pengguna.

Menurut Suwanto selaku Marketing Planning Manager Oppo Indonesia mengatakan bahwa pada produk F3 dulu, Oppo membawa tren group selfie, maka di perangkat F4, Oppo akan membawa teknologi baru yang memberikan pengalaman selfie lebih jauh lagi. Ada pula sebagian efek Beautify yang membuat wajah pria lebih ‘manis’ atau kulit glowing. Solusi Oppo ialah membuat personalized beauty effect untuk setiap wajah yang berbeda.

Artikel menarik:  Google Hapus UC Browser dari Play Store, Kenapa?

Selain itu, lebih dari 200 titik wajah dapat dipindai dan dikenali setiap keunikannya seperti lekuk pipi, bagian hidung, dan bentuk dagu. Tujuannya yaitu peningkatan hasil foto selfie tidak menjadi berlebihan sehingga tepat dengan tagline “Capture the Real You” yang diusungnya.

Kemudian, fitur Al Beauty Recognition juga mampu menganalisis kondisi cahaya sekitar subjek dan mencocokkannya dengan database foto secara global. Dengan begitu, Oppo F5 bisa menghasilkan foto selfie yang lebih natural dan nyata. Bahkan untuk fitur ini, Oppo telah berkonsultasi dengan para ahli di industri kecantikan seperti hair stylist, make up artist, dan fotografer.

Face Priority Exposure
Untuk kamera belakang, Oppo F5 mengandalkan lensa dengan sensor beresolusi 16 MP dengan bukaan f/1.8 yang dilengkapi LED Flash. Ada pula fitur baru untuk kamera belakang yang diberi nama “Face Priority Exposure”. Sesuai namanya, kamera belakang akan mengutamakan objek wajah seseorang dibandingkan latar belakangnya. Dengan demikian, foto-foto liburan akan tampak lebih sempurna.

Smartphone berlayar jumbo 6 inch tersebut mempunyai resolusi 2.160 x 1.080 pixel. Kapasitas penyimpanan pun didukung slot micro SD hingga 256 GB. Spesifikasi lainnya dari Oppo F5 mencakup dual nano SIM, fingerprint scanner, facial unlock, baterai 3.200 mAh, chipset Helio P23 dengan prosesor Octa Core 2.5 Ghz, dan berjalan pada sistem operasi Android Nougat 7.1