Tutorial

Oppo A79 Rilis, Smartphone Mid-range dengan Desain Flagship

Beberapa pekan lalu, telah ramai beredar rumor mengenai spesifikasi dan desain dari produk terbaru Oppo series A79, dimana smartphone tersebut akhirnya resmi rilis pada akhir November ini. Desain dan layarnya pun tampak identik dengan flagship “R11s”, namun spesifikasinya disesuaikan dengan pasar kelas menengah.

Seperti yang telah diketahui, Oppo F5 menjadi smartphone pertama dari Oppo yang berbekal teknologi layar dengan aspek rasio 18:9 atau full screen. Setelah peluncurannya sukses dan laku keras di pasaran global, tak terkecuali di Tanah Air, pabrikan asal Tiongkok ini kembali merilis smartphone baru yang berasal dari kalangan A Series dengan nama Oppo A79.

Spesifikasi Oppo A79
Oppo A79 menyematkan layar OLED seluas 6.0 inch dengan resolusi Full HD 2.180 x 1.080 pixel. Aspek rasionya 18:9, mengikuti trend smartphone premium tahun ini yang bentuknya agak memanjang. Dari bocoran gambar yang sudah beredar luas di internet, desainnya terlihat mirip dengan smartphone full-screen Oppo lainnya, bahkan termasuk mirip dengan OnePlus 5. Kesamaan desain smartphone antara OnePlus dan Oppo masih dapat dimaklumi karena keduanya sama-sama dimiliki oleh perusahaan BBK Electronics.

Dari segi jeroannya, Oppo A79 mengandalkan chipset MediaTek Helio P23 berinti delapan yang memiliki kecepatan clock hingga 2.5 GHz. Kapasitas RAM-nya sebesar 4 GB yang dipadukan dengan memori internal 64 GB. Apabila Anda merasa kurang dengan kapasitas memori tersebut, telah tersedia slot microSD hingga 128 GB yang dapat dimanfaatkan untuk mengekspansinya.

Semua aktivitas pengguna disokong oleh baterai berkapasitas 3.000 mAh yang dilengkapi fitur pengisian daya cepat VOOC. Teknologi ini diterapkan dengan cara mengoptimalkan fungsi adaptor. Oleh karena itu, kondisi baterai kosong mampu dipercepat hingga 4 kali lipat dari biasanya sehingga proses charging hanya memerlukan waktu sekitar satu jam saja.

Kemudian beralih ke faktor kamera, Oppo A79 sama seperti produk Oppo lainnya yang mengedapankan fitur fotografi yang memiliki tagline “Selfie Expert”. Perangkat ini menyematkan sensor beresolusi 16 MP pada sisi depan untuk selfie dan sisi belakang untuk memotret lingkungan sekitar. Bukaannya masing-masing f/1.8 dan f/2.0.

Di bawah kamera belakang terdapat pemindai sidik jari atau fingerprint scanner untuk menjamin keamanan perangkat. Oppo A79 juga telah berjalan pada sistem operasi Android Nougat 7.1.1 dengan antarmuka Color OS 3.2. Adapun plihan konektivitas di perangkat ini termasuk slot dual SIM, VoLTE, 4G LTE, WiFi, USB Type C, Bluetooth 4.2, dan GPS.

Oppo A79 bakal tersedia di pasaran China terhitung mulai tanggal 1 Desember 2017 dengan varian warna Black dan Rose Gold. Sedangkan harganya dibanderol 360 dollar AS atau setara Rp 4,8 juta. Namun belum jelas kapan smartphone ini akan menyambangi Indonesia. Kita tunggu saja.