Nokia yang ‘Urung Mati’

Berita teknologi kini macam politik. Perubahan drastis bisa terjadi hanya dalam hitungan hari. Setelah kemarin sempat diumumkan akan segera hilang namanya dari jagat teknologi karena keputusan Microsoft tak lagi menggunakan nama Nokia pada seri-seri smartphonenya, kini Nokia hadir kembali dengan kabar terbaru bahwa brand ini akan segera merilis tablet Android.

Nokia yang 'Urung Mati'

Sehari sebelumnya, Nokia dikabarkan akan memproduksi TV Box. Keunikan TV Box ini terletak pada OS yang digunakannya yaitu OS Jolla yang sempat ramai beberapa waktu lalu. OS ini selain juga berbasis Linux seperti Android, juga karena dibuat oleh perusahaan asal Finlandia. Kombinasi Nokia dan Jolla yang sama-sama dibuat oleh orang Finlandia menjadi hal yang cukup menarik. Tak heran jika rilis pertama dijadwalkan akan berlangsung di tanah kelahirannya, Helshinki, Finlandia.

Nokia & Tablet Android
Dari info yang beredar tablet yang dibuat akan bernama Nokia N1. Layar yang digunakan adalah ukuran 7,9 inch serta ditenagai oleh pemakaian processor 64 bit buatan Intel yang masuk dalam seri Atom.

Artikel berhubungan:  Kalah Perang, 9 Smartphone Samsung Keluar dari Pasar Amerika

Bagian desainnya juga terbilang lumayan lantaran sebagian besar bodi Nokia N1 sudah dibalut oleh material alumunium yang membuatnya terlihat cukup elegan.

Sedang di segi piranti lunak Nokia membenamkan Z launcher yang merupakan tatap muka bikinannya sendiri. Tetapi yang menarik adalah, launcher itu ternyata sudah jalan di atas Android 5. 0 Lollipop, hingga membuat Nokia N1 masuk dalam segelintir tablet yang sudah merasakan OS anyar Google itu.

Di sisi harga, tablet ini memiliki harga 3juta kurang sedikit dan akan rilis pada awal 2015 mendatang.

Kita tunggu saja kejutan Nokia ini!