Berita

Nokia 7 Resmi Meluncur, Apa saja Spesifikasinya?

Sesuai rumor yang ramai beredar, kini HMD Global secara resmi mengumumkan smartphone baru yang sengaja menyasar kelas menengah, dalam acara yang digelar di Shanghai, China pada tanggal 19 Oktober kemarin. Smartphone baru tersebut bernama Nokia 7 yang hadir dengan spesifikasi mid-range. Smartphone ini menjadi perangkat satu-satunya smartphone Android Nokia dengan chipset Snapdragon seri 630. Selain itu, dengan meluncurnya smartphone ini, HMD Global mempunyai amunisi yang cukup kuat untuk menyasar semua segmen pasar Android.

Sebagai penerus Nokia 6, tidak heran bila HMD Global membekali Nokia 7 dengan berbagai fitur dan spesifikasi mumpuni untuk lebih menggaet konsumen. Berbeda dengan smartphone Android Nokia lainnya yang terdiri dari bodi full-metal, Nokia 7 hadir dengan perpaduan kaca dan metal.
Kemudian, smartphone ini mempunyai frame yang terbuat dari aluminium seri 7000 yang terkendal sangat kuat.

Sedangkan untuk cover belakang terbuat dari bahan kaca, yang mana pilihan warna tersedia adalah Matte White dan Glossy Black. Sementara itu, Nokia 7 mempunyai dimensi 141.2 x 71.45 x 7.92 mm yang membuat sangat ideal di genggaman pengguna. Lebih hebatnya lagi, perangkat tersebut mengantongi sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air. Bahkan di setiap sudut bagian belakang yang melengkung, semakin membuat Nokia 7 terlihat lebih mewah dan berkelas.

Spesifikasi Lengkap Nokia 7
Nokia 7 hadir dengan LCD Display seluas 5,2 inch yang beresolusi Full HD 1080p dan telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Desain layar depannya juga tidak terlihat berbeda dari smartphone Android Nokia lain yang mempunyai bezel tebal di bagian atas ataupun bawah. Sedangkan masalah navigasi yang digunakan ialah tombol kapasitif.

Perangkat anyar ini telah dipersenjatai oleh chipset kelas menengah dari Qualcomm Snapdragon 630 yang dibantu oleh pilihan RAM 4 GB dan 6 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internal, Nokia 7 mempunyai kapasitas sebesar 64 GB yang masih dapat diperluas menggunakan microSD. Tidak ketinggalan juga, smartphone ini menyematkan baterai sebesar 3.000 mAh yang didukung dengan fitur fast charging 18 W.

Artikel menarik:  Ini Dia 40 Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 9

Ketika diluncurkan, Nokia 7 masih menjalankan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat, namun penggunanya bisa memperbarui OS tersebut ke Android 8.0 Oreo. Di bagian belakangnya, terdapat kamera utama yang beresolusi 16 MP dengan aperture lensa f/1.8 dan sudah menggunakan teknologi dari Zeiss. Sedangkan tuk kegiatan selfie penggunanya, Nokia 7 dilengkapi dengan kamera depan 5 MP yang mempunyai aperture f/2.0 dan mempunyai sudut pandang 84 derajat.

Sebagai spesifikasi tambahan, Nokia 7 telah disematkan teknologi teknologi Dual-sight, sama seperti Nokia 8, yang mana Anda bisa mengambil gambar melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan. Berkat teknologi audio OZO pun, perangkat ini sanggup merekam suara yang berkualitas secara 360 derajat.

Untuk fitur lainnya, Nokia 7 sudah didukung sensor fingerprint, audio jack 3.5 mm, port USB-C, modem LTE Cat.6, Bluetooth v5.0, NFC, WiFi 802.11 ac, dan GPS. Rencananya, smartphone ini akan mulai dipasarkan di China pada tanggal 24 Oktober mendatang, yang mana untuk varian RAM 4 GB akan dibanderol seharga 2499 Yuan atau setara Rp 5 jutaan, sedangkan untuk RAM 6 GB seharga 2699 Yuan atau Rp 5,5 jutaan.