Berita

Nokia 2 Masuk Indonesia, Harganya Cuma Rp 1,5 Juta!

Nokia kembali menghadirkan smartphone Android di Indonesia. Bukan smartphone kelas atas ataupun kelas menengah seperti Nokia 6 yang sudah lebih dulu beredar, melainkan ponsel entry-level yaitu Nokia 2. Perangkat ini dibanderol seharga Rp 1,5 juta, yang berarti akan bersaing di kalangan bawah pasaran ponsel Indonesia.

Setelah Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 yang sudah dipasarkan tahun 2017 lalu, HMD Global, perusahaan pemegang lisensi brand legend tersebut kembali membawa smartphone Nokia ke Indonesia yaitu model entry level Nokia 2. Pertama kalinya diperkenalkan secara internasional saat akhir Oktober 2017, Nokia 2 berada diposisi paling akhir dalam jajaran smartphone Android baru Nokia.

Dari segi hardware, Nokia 2 mengandalkan chipset Snapdragon 212 dari Qualcomm yang dipasangkan dengan RAM 1 GB dan kapasitas penyimpanan internal 8 GB. Kapasitas baterai juga tergolong jumbo untuk ukuran entry level, yaitu mencapai 4.100 mAh, jadi Nokia 2 diklaim mampu bertahan selama dua hari dalam sekali charge.

Kapasitas daya sebesar itu akan mempermudah pengguna dengan menghilangkan kebutuhan powerbank untuk mengisi ulang baterai ponsel jika berada diluar ruangan.

Menurut Mark Trundle selaku Country Manager HMD Global Indonesia mengatakan jika banyak orang sekarang membawa powerbank ke mana-mana. Dengan Nokia 2, pengguna bisa meninggalkan powerbank di rumah karena daya tahan ponsel ini bisa bertahan hingga dua hari.

Untuk desain layar Nokia 2 sendiri berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1.280 x 720 piksel dan memiliki lapisan kaca anti goresan Corning Gorilla Glass. Spesifikasi lainnya termasuk OS Android 7.0 Nougat serta kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP. Di Indonesia, Nokia 2 dijual dengan harga Rp 1,5 juta dan bisa dibeli di salah satu situs e-commerce, JD.id. Ketersediaan secara luas di pasaran dijadwalkan pada 30 Januari mendatang.

Artikel menarik:  Samsung Galaxy A8 & A8 Plus Masuk Indonesia

Tiga Kelebihan Nokia 2
Mark Trundle turut menambahkan jika Nokia 2 memiliki tiga kelebihan yang tidak ada pada ponsel lain sekelasnya. Pertama yaitu ketangguhan berkat kontruksi material aluminium solid dan kaca anti goresan Gorilla Glass yang mencakup layar 5 inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel pada perangkat tersebut. Kedua, Nokia 2 dilengkapi dengan kapasitas baterai jumbo 4100 mAh yang menurutnya mampu bertahan selama 2 hari.

Kelebihan ketiga dari Nokia 2 yang juga disebut Mark Trundle adalah versi sistem operasi Android “polos” yang dijalankan pada perangkat ini. Nokia tidak menyertakan UI khusus atau aplikasi lain yang dapat membebani kinerja ponsel. Versi OS yang dijalankan oleh Nokia 2 adalah Android 7.1.1 Nougat. Akhir Desember lalu, HMD Global memastikan OS Nokia 2 akan diupdate ke Android 8.1 Oreo, serta Nokia 3, 5, dan 6 yang sudah dipasarkan di Indonesia. Nokia telah mengutamakan layanan-layanan Google. Anda dapat menemukan Google Assitant dan Google Photos untuk menyimpan foto secara otomatis ke layanan awan Google.