Mozilla Hadirkan Browser Firefox Khusus Indonesia

Pastinya Sobat Gaptex sudah tahu bahwa perusahaan Mozilla selalu mengikuti perkembangan terkini di browser mobile. Belum lama ini, perusahaan teknologi ini mengumumkan peluncuran aplikasi besutan terbarunya yang diberi nama Firefox Rocket. Menariknya, aplikasi untuk perangkat smartphone Android ini sengaja ditujukan kepada penjelajah dunia maya Indonesia. Mozilla mengklaim jika browser khusus tersebut memberikan kinerja yang lebih efisien, cepat dan ringan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Tak bisa dimungkiri bahwa Mozilla Firefox termasuk dalam web browser yang paling banyak digunakan kedua oleh masyarakat Indonesia, selain Google Chrome. Oleh karena itulah, Mozilla ingin mempersembahkan browser khusus untuk kita lewat produknya Firefox Rocket. Dengan browser yang ringan dan cepat, kita bisa lebih menghemat data dan penyimpanan pada perangkat mobile.

Menurut laporan We Are Social Report di bulan Januari lalu, di Indonesia, perangkat mobile sudah menjadi alat utama untuk mengakses internet dengan persentase hampir 70 persen jika dibandingkan dengan laptop atau komputer dekstop yang hanya 28 persen. Meskipun begitu, riset internal yang dilakukan oleh Mozilla mengatakan bahwa 40 persen pengguna internet muda di Tanah Air merasa tidak puas dengan kinerja browser mobile default karena kinerjanya yang lambat.

Oleh karena itulah, Mozilla sengaja merilis browser Android baru bernama Firefox Rocket yang dirancang khusus untuk pengguna di Indonesia. Software ini diklaim sanggup menelusuri halaman-halaman web dengan kencang walaupun koneksi internet sedang lelet. Hal ini dikarenakan Firefox Rocket memiliki fitur-fitur khusus.

Salah satu fitur utama dalam Firefox Rocket adalah Turbo Mode yang mampu memblokir iklan menyimpan data sehingga Anda dapat melakukan browsing lebih cepat. Bahkan apabila Anda ingin lebih hemat lagi, Anda bisa memblokir loading gambar dengan mudah dan memakai fitur Screenshot untuk mengakses konten secara offline.

Artikel menarik:  Google Hapus UC Browser dari Play Store, Kenapa?

Mozilla Firefox Rocket juga menyematkan tool lain berupa Storage Control yang berguna untuk menyimpan file unduhan ke microSD dan Clear Cache untuk membersihkan ruang penyimpanan smartphone dari sisa file selama browsing. Kemudian ukuran APK atau file instalasi Firefox Rocket ini sendiri digadang-gadang menjadi yang terkecil di antara aplikasi browser lainnya, yaitu dengan angka 2.39 MB.

Tentu bukan tanpa alasan kenapa Mozilla sengaja menghadirkan aplikasi Firefox Rocket khusus untuk pengguna internet di Indonesia. Hal ini karena diketahui Indonesia menjadi negara yang penduduknya paling banyak mengakses internet setiap harinya. Seiringan dengan data yang memperlihatkan prediksi beberapa tahun lagi, penjelajah internet di Tanah Air semakin bertambah.

Menurut Product Manager Android Browser mengatakan jika baru ada sekitar 130 juta pengguna internet dari jumlah keseluruhan 260 juta penduduk di Indonesia. Sedangkan dalam beberapa tahun ke depan berarti ada sekitar 130 juta penduduk yang bakal mengakses internet untuk pertama kalinya dan hal ini sangat berpotensi.

Jika Anda ingin segera mengunduh aplikasi Firefox Rocket, maka Anda bisa mendownloadnya di toko aplikasi Android Google Playstore, terutama untuk wilayah Indonesia saja. Bersamaan dengan acara peluncuran Firefox Rocket, Mozilla juga memgumumkan tanggal perilisan untuk browser Firefox Quantum yaitu di tanggal 14 November 2017. Firefox Quantum ini didukung oleh teknologi Web Assembly dan Web VR untuk mengoperasikan konten Virtual Reality.