Motorola Telah Sah Jadi Milik Lenovo

Nampaknya Google memang telah merubah strategi bisnis smartphonenya dengan menjual Motorola ke Lenovo. Padahal, Google sendiri sempat membeli Motorola dengan harga cukup fantastis. Proses akuisisi ini terbilang cukup panjang dan memakan waktu yang lama. Kini, Lenovo resmi memiliki vendor ponsel Motorola. Kedatangan Motorola sendiri membuat Lenovo berambisi menguasai pasar smartphone dunia!

Motorola Telah Sah Jadi Milik Lenovo

Kesuksesan akuisisi Lenovo juga memberikan perusahaan akses pada merk dagang handset yang dipunyai Motorola seperti Moto X, Moto G, Moto E ataupun Droid-series. Tidak cuma itu, Lenovo juga memiliki hak mengantongi kurang lebih 2. 000 paten serta beberapa kesepakatan lisensi silang paten di Motorola.

Lenovo membeli Motorola dari Google Inc pada Januari 2014 dengan nilai transaksi US$ 2, 91 miliar atau kira-kira Rp 35, 2 triliun. Transaksi itu dibayar Lenovo dengan perincian US$ 660 juta berbentuk tunai, 519 juta lembar saham Lenovo senilai US$ 575 juta, serta bekasnya US$ 1, 5 miliar bakal dibayarkan dalam jangka waktu tiga tahun.

Pada saat kedua perusahaan setuju untuk bertransaksi, Lenovo juga sudah membayar uang kompensasi seniliar US$ 228 juta sebagai jaminan keseriusannya dalam mengambil Motorola Mobility ke perusahaannya dari tangan Google.

Baca Juga :  Samsung Sanggah Rumor Tinggalkan Bisnis Kamera

Strategi Masa depan
Lenovo telah berjanji tak kan meniadakan brand Motorola dan malah menjadikan mereka sebagai salah satu kekuatannya. Merk Motorola diplot jadi bendera Lenovo di pasar negara maju. Di negara maju, Motorola memang lebih popular serta menjalin kemitraan lebih erat dengan operator. Lumrah saja, Motorola telah lama malang melintang. Sedang ponsel Lenovo sekarang ini cukup berkibar di pasar negara berkembang.

Menurut IDC, market share smartphone Lenovo yang sebesar 5, 2%, ada dibawah Xiaomi dengan angka sebesar 5, 3%. Namun sesudah mengakuisisi Motorola dan pangsa pasarnya digabung, Lenovo menyalip Xiaomi dengan market share 8, 7%, cuma kalah dari Samsung serta Apple.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part