Berita

Microsoft Telah Resmi Merilis Xbox Live Creators Program

Kabar gembira untuk para developer game solo maupun indie, karena saat ini Microsoft resmi membuka jalan untuk ikut menjadi developer Xbox. Dengan adanya Xbox Live Creators Program, kini semua orang yang menjadi developer game untuk Xbox tidak perlu repot-repot meminta perizinan kepada Microsoft.

Microsoft Telah Resmi Merilis Xbox Live Creators Program

Sampai hari ini, Xbox Live Creatos Program masih berstatus sebagai program preview untuk perusahaan game rintisan yang ingin mengikuti Xbox Indie Game program. Sedangkan untuk developer game yang telah profesional, dapat mendaftarkan diri ke Microsoft’s [email protected] untuk fitur aksesoris game yang lebih lengkap dan tak lupa juga fitur marketing atau pemasaran.

Permainan yang akan dibuat harus berekstensi Universal Windows App supaya dapat berjalan pada perangkat Windows 10 dan tidak hanya untuk Xbox One. Setelah itu, para developer dapat memasarkan game secara mandiri tanpa perlu ada persetujuan konsel lagi. Sistem ini hampir mirip seperti aplikasi di Play Store untuk Android. Tetapi, meski bebas memasarkan game-nya, Microsoft tetap berhak untuk menghapus game dari toko bila memiliki konten yang berbahaya atau tidak pantas.

Sayangnya, program Xbox Live Creators ini tidak gratis. Ada biaya awal sekitar $ 20 hingga $ 100, tergantung developer game. Bila mereka membayar yang paling murah, mungkin game yang dihadirkan tidak bisa mengaktifkan mode online multiplayer atau peringkat pemain yang sedang online. Bahkan terdapat chat antar pemain dan hadiahnya juga. Jadi timbul pertanyaan, apakah game tersebut jadi kurang seru?

Artikel menarik:  Ini Dia 40 Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 9

Tentu saja tidak, karena program baru dari Microsoft ini memiliki fitur-fitur yang mungkin masih bisa di dapatkan di masa mendatang. Karena itulah, memang menjadi strategi Microsoft untuk meramaikan kembali pasar Xbox serta game-game dari Windows. Apakah dengan program Xbox Live Creators dari Microsoft tersebut dapat mengalihkan para developer untuk terus membuat game di Android? Mungkin saja bisa, namun kepopuleran program ini jelas masih jauh karena Android sangatlah bebas, apalagi mematok biaya yang hampir gratis untuk semua para developer dan berbagai jenis game-nya.