Microsoft Segera Rilis Playable Ads, Bisa Coba Windows 10 Tanpa Install

Demi kenyamanan para pengguna Sistem Operasi Windows 10, kini Perusahaan Microsoft telah resmi meluncurkan preview fitur terbaru yang bernama Playable Ads. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencoba aplikasi di Windows Store selama 3 menit tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu. Hal inilah yang menjadi salah satu keuntungan dari Playable Ads sehingga penguna bisa ‘menjajal’ aplikasi yang di inginkan tanpa perlu menginstallnya. Jika terasa cocok, maka pengguna bisa langsung melanjutkan ke proses intalasi.

Microsoft Segera Rilis Playable Ads, Bisa Coba Windows 10 Tanpa Install

Fitur Playable Ads ini hampir mirip dengan milik Google yaitu Android Instant App yang memang dirasakan banyak sekali manfaatnya. Fitur tersebut telah di umumkan tahun lalu pada ajang Google I/O. Dengan bantuan fitur ini, para developer bisa terbantu karena mereka merasa lebih nyaman dan tidak mudah tertipu atau tidak boros kuota, Windows Store pun menjadi lebih dipercayai oleh penggunanya. Para developer tidak harus melakukan hal yang ribet dan macam-macam. Mereka hanya perlu menambahkan tombol ‘Try Now’ dan membuat aplikasi terpisah yang dapat bertahan 3 menit lamanya. Dengan begitu, pengguna bisa merasakan sendiri aplikasi tersebut tanpa menuding baik atau buruknya aplikasi yang belum dicoba.

Selain itu, Playable Ads juga merupakan fitur keamanan dari sistem operasi Windows. Jadi, bukan hanya memanjakan penggunanya, mereka pun menjamin keamanan OS tersebut. Sepertinya Microsoft tidak ingin sampai ketinggalan dari Apple dan Google yang memang telah melakukannya sejak dulu. Karena itu, perusahaan raksasa ini juga menampilkan fitur baru yakni ‘Pop Up’ keamanan saat menginstall aplikasi di luar Windows Store sehingga fitur Playable Ads akan menjaga pengguna dari segala aplikasi spam, aplikasi palsu, bahkan aplikasi yang kurang disukai.

Meski terdengar sangat menarik dan inovatif, Microsoft sepertinya belum ingin meresmikan kehadiran fitur Playable Ads ini. Namun beredar kabar bila pihak mereka telah menyiapkannya untuk diluncurkan ke publik paling cepat saat bulan April mendatang. Dengan adanya fitur tersebut, Microsoft berharap Windows Store mampu meramaikan berbagai aplikasi mutakhir di masa depan.