Microsoft Pix, Aplikasi Kamera Terbaru iPhone

Microsoft baru saja resmi meluncurkan aplikasi kamera untuk iPhone. Aplikasi yang diberi nama Pix ini disebut-sebut mampu menghasilkan gambar yang lebih baik daripada kamera bawaan Apple. Hal ini salah satunya dikarenakan Microsoft Pix dibekali artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang dapat meningkatkan kualitas gambar. Lebih lanjut, kecerdasan buatan tersebut memungkinkan aplikasi untuk memilih foto dan video terbaik secara otomatis. Dengan fitur serupa, Microsoft Pix juga mampu menyesuaikan tingkat pencahayaan, melakukan deteksi wajah, dan mengatur warna agar tampak seakurat mungkin.

Microsoft Pix, Aplikasi Kamera Terbaru iPhone

Microsoft Pix dikerjakan oleh tim Computational Photography Group yang berada di bawah divisi riset Microsoft. Divisi tersebut dipimpin oleh Josh Weisberg yang merupakan seorang manajer program utama di Microsoft. Bersama dengan timnya, Josh Weisberg merancang sebuah algoritma khusus yang membuat Pix mampu mengambil 10 gambar dalam sekali klik, bahkan beberapa di antaranya sebelum klik shutter. Dengan kecerdasan buatan yang dimiliki, Pix dapat memilih foto terbaik dimana aplikasi akan menghilangkan noise, mencerahkan wajah, dan mengatur warna. Algoritma tersebut bekerja sangat cepat dalam hitungan detik.

Aplikasi fotografi ini turut dilengkapi fitur yang mirip seperti Live Photos dari Apple dan Motion Stills dari Google, yang diberi nama Live Image. Dengan fitur yang dimaksud, Pix dapat mendeteksi objek foto yang sedang bergerak dan mengambil beberapa gambarnya untuk digabungkan secara otomatis menjadi foto yang bergerak. Semakin diperhitungkan, Microsoft memasukkan teknologi Hyperlapse untuk merekam video. Teknologi ini mampu memberi efek smooth dan kestabilan pada setiap frame secara otomatis dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan video dengan pemutaran kecepatan yang berbeda.

Artikel berhubungan:  Bagaimana Kelanjutan Yahoo Setelah Dibeli Verizon?

Lebih lanjut, Pix mampu mengurangi ketidakstabilan kamera sehingga dapat mengambil gambar dengan kualitas terbaik untuk objek bergerak dan objek yang berada di ruang terbuka. Microsoft Pix memang menarik, sebab selain pintar juga dibuat untuk perangkat Apple, bukan untuk Microsoft. Saat ini, Pix sudah bisa diunduh secara gratis di AppStore. Sejumlah perangkat iPhone yang kompatibel dengan Pix antara lain iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, dan iPhone 6s Plus. Microsoft Pix juga kompatibel dengan iPad dan iPod Touch dengan iOS 9.0 dan versi di atasnya.