Berita

Microsoft Kembangkan Fitur Continuum untuk Smartphone Kelas Menengah

Banyak yang tertarik dan penasaran dengan fitur Continuum yang terdapat pada Windows 10 versi Mobile. Alasannya jelas, karena Fitur canggih satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah perangkat mereka menjadi sebuah PC. Pengguna Smartphone yang mendukung fitur ini, dapat menghubungkan smartphone miliknya dengan mouse, keyboard serta monitor eksternal melalui docking khusus. Dengan begitu smartphone itu akan berfungsi seperti mini CPU dengan sistem operasi Windows 10. Penggunanya dapat menggunakan smartphone sebagai perangkat komputer sungguhan.

Microsoft Kembangkan Fitur Continuum untuk Smartphone Kelas Menengah

Tapi, yang harus Anda ketahui bahwa fitur menarik ini tidak sembarangan dapat dinikmati oleh smartphone dengan spesifikasi biasa-biasa saja. Hanya smartphone kelas atas yang dapat menggunakannya, dimana smartphone tersebut sudah dilengkapi dengan spek diatas standard. Smartphone-smartphone yang dimaksud adalah smartphone yang wajib menggunakan SoC papan atas seperti Qualcomm Snapdragon 808 dan juga Snapdragon 810.

Namun dari kabar yang beredar, Microsoft saat ini sedang memperbarui perangkat apa saja yang mendukung penggunaan fitur canggih Continuum ini. Pasalnya, mereka berharap tidak hanya smartphone papan atas saja yang bisa menggunakannya, tapi smartphone kelas menengah juga diharapkan mampu menggunakan fitur itu. Dan dikabarkan bahwa spesifikasi minimal yang diperlukan untuk mendukung fitur Continuum adalah menggunakan prosesor Qualcoom Snapdragon 617.

Artikel menarik:  G7X Mark III, PowerShot Pertama Canon Berkemampuan 4K?

Chipset Snapdragon 617 itu sendiri termasuk chipset yang biasa digunakan pada smartphone kelas menengah, yang dibekali dengan prosesor octa core dengan speed 1,5 GHz juga GPU Adreno 405. Berikut beberapa spesifikasi minimum yang harus dipenuhi sebuah smartphone untuk dapat mendukung fitur Continuum :
• Prosesor minimal Qualcomm MS8952, MS8992, MS8994
• RAM 2 GB untuk smartphone beresolusi 720p
• Flash Storage lebih besar dari 16 GB (nonremovable flash memory)
• Bluetooth 4.0
• WiFi sekecilnya 802.11n dual band
• Windows 10 Miracast extensions
• USB dual role. USB 2.0

Jika sebuah smartphone memiliki spesifikasi minimal seperti diatas, maka smartphone tersebut diperkirakan mendukung fitur canggih dari Windows 10, Continuum.

Dan bila Anda ingin menikmati fitur Continuum ini, Anda bisa menggunakan kabel USB dan melalui WiFi. Microsoft juga menyarankan agar menggunakan perangkat dengan USB tipe C jika Anda ingin menjalankan fitur Continuum melalui kabel.