Microsoft Edge, Web Browser Hemat Daya

Salah satu fitur baru yang ditawarkan Windows 10 adalah Microsoft Edge. Web browser tersebut adalah pengganti Internet Explorer, bahkan logonya pun hampir mirip dengan simbol huruf ā€œeā€ berwarna latar biru. Microsoft menyebutkan bahwa peramban yang diusungnya ini unggul dalam hal kecepatan internet dan konsumsi daya. Selain itu, memori RAM yang digunakan lebih sedikit jika dibandingkan web browser lain, seperti Chrome dan Firefox.

Microsoft Edge, Web Browser Hemat Daya

Berbicara tentang konsumsi daya, Microsoft telah melakukan serangkaian pengujian untuk membuktikan kualitas Edge. Di antara pengujian tersebut, Microsoft pernah menguji coba empat unit laptop dengan empat web browser berbeda, yaitu Chrome, Firefox, Opera, dan Edge itu sendiri. Setelah diisi penuh, masing-masing laptop melakukan video streaming berkualitas HD secara wireless untuk mengetahui seberapa lama laptop mampu bertahan hingga baterainya habis. Hasilnya adalah sebagai berikut :
– Google Chrome = 04 jam 19 menit 50 detik
– Mozilla Firefox = 05 jam 09 menit 30 detik
– Opera = 06 jam 18 menit 33 detik
– Microsoft Edge = 07 jam 22 menit 07 detik

Berdasarkan hasil tersebut, Microsoft berhasil membuktikan kualitas Edge sebagai web browser paling hemat daya. Edge mampu bertahan 70% lebih lama daripada Chrome, 43% lebih lama daripada Firefox, dan 17% lebih lama daripada Opera. Dalam pengujian tersebut, Chrome dan Firefox mengaktifkan power saving mode sehingga hal ini secara tidak langsung semakin menegaskan kekuatan daya yang dimiliki Microsoft Edge.

Baca Juga :  Pengertian World Wide Web [WWW]

Selain itu, pengujian lain yang pernah dilakukan adalah mengukur rata-rata konsumsi daya masing-masing web browser. Dan hasilnya, Edge kembali tampil di urutan pertama karena mampu memberikan sekitar 36 hingga 53 persen daya baterai lebih banyak daripada web browser lain. Dalam pengujian ini, tidak hanya video streaming yang menjadi patokan, tetapi juga browsing, membaca artikel, dan aktivitas internet lainnya.

Microsoft juga menguji agregasi telemetri terhadap berbagai perangkat yang dijalankan dengan Windows 10 untuk mengukur penggunaan daya. Dan kembali, Edge menjadi nomor satu dengan konsumsi 465.24 mW. Sementara itu, Firefox dan Chrome berada di urutan kedua dan ketiga dengan masing-masing konsumsi 493.50 mW dan 719.72 mW. Hanya saja dalam hal kelengkapan fitur, Edge perlu disempurnakan untuk benar-benar bisa menyamai Firefox dan Chrome.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk beralih dari Chrome ke Edge?

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part