Berita

Mi Mix 2S, Ponsel Pertama Pakai Snapdragon 845?

Seperti yang sudah Sobat ketahui, Xiaomi baru saja meluncurkan Mi Mix 2 beberapa bulan lalu, tepatnya bulan September 2017. Perangkat dengan bingkai super tipis ini kabarnya akan segera memiliki generasi penerus bernama Mi Mix 2S. Namun yang menariknya, Mi Mix 2S akan menjadi ponsel pertama yang memakai Snapdragon 845. Apakah benar seperti yang diharapkan?

Mi Mix 2S diprediksi akan meluncur pada bulan Februari, bertepatan dengan ajang Mobile World Congress 2018 di Barcelona, ​​Spanyol. Menurut sumber dalam, tidak banyak perubahan dari Xiaomi Mi Mix 2 ke Mi Mix 2S. Salah satu upgrade yang paling signifikan adalah dapur pacu yang mengandalkan Qualcomm Snapdragon 845. Sedangkan, Mi Mix 2 masih menggunakan Snapdragon 835.

Jika informasi ini benar, Xiaomi Mi Mix 2S akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 845. Padahal sebelumnya, Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus akan diluncurkan pada seri MWC 2018, dan keduanya disebutkan juga menggunakan Snapdragon 845 untuk beberapa wilayah pemasaran.

Oleh karena itu, untuk mengaitkan predikat “pertama”, Mi Mix 2S harus dilepaskan sebelum tanggal peluncuran duo Galaxy S9 yang jatuh pada tanggal 25 Februari. Namun hingga saat ini, Xiaomi belum menyebarkan undangan resmi untuk meluncurkan Mi Mix 2S. Selain masalah chipset, tidak banyak bocoran spesifikasi Mi Mix 2S di pasaran. Beberapa informasi lain yang terendus adalah rasio layar 19,5: 5, kamera dual monokrom 12 MP di sisi belakang, dan RAM 6 GB.

Keunggulan Snapdragon 845
Snapdragon 845 diperkenalkan ke publik pada akhir Desember 2017. Beberapa perangkat flagship dari keluaran tahun ini seharusnya sudah menggunakan Snapdragin 845. Chipset premium ini berfokus pada lima kategori yaitu immersion, kecerdasan buatan, keamanan, konektivitas dan kinerja.

Qualcomm mengklaim chipset Snapdragon 845 mampu memberikan pengalaman bermain game dengan grafis terbaik. Dari segi kecerdasan buatan, Snapdragon 845 mampu mengolah mesin belajar mengenali subjek utama di foto. Alhasil, efek bokeh bisa didapat tanpa menggunakan teknologi dual camera.

Artikel menarik:  Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, Resmi Dijual di Indonesia

Kinerja keseluruhan diklaim meningkat. Konektivitas jaringan LTE 4G pada Snapdragon 845 lebih mumpuni, konsumsi daya lebih efisien dibanding pendahulunya.

Snapdragon 845 diprediksi akan digunakan oleh hampir semua handset high-end tahun ini. Namun, Xiaomi akan mencuri start dengan mengumumkan Mi Mix 2S pada pertengahan Februari 2018 atau sebelum Mobile World Congress (MWC) digelar dan dimulai per tanggal 26 Februari – 1 Maret 2018.

Seri andalan Samsung terbaru, Galaxy S9, akan diumumkan di MWC dan menggunakan chipset yang sama. Jadi, satu-satunya cara yang bisa diklaim Xiaomi adalah yang pertama menggunakan Snapdragon 845, kemudian perusahaan tersebut harus mengumumkan Mi Mix 2S sebelum Galaxy S9.

Xiaomi Mi 7 juga Gunakan Snapdragon 845
Selain Mi Mix 2, Xiaomi juga kabarnya menyiapkan seri andalan Mi terbaru yang bertajuk Mi 7. Smartphone ini diperkirakan akan dijual seharga sekitar Rp 6 juta. Dibandingkan dengan Mi 6 yang merupakan pendahulunya, kemungkinan Mi 7 hadir dengan spesifikasi dan fitur yang lebih baik. Sebelumnya, CEO Xiaomi, Lei Jun telah membeberkan sejumlah spesifikasi Mi 7 termasuk chipset Snapdragon 845.

Selanjutnya Mi 7 dikabarkan hadir dalam dua versi, yaitu Mi 7 dan Mi 7 Plus. Untuk Mi 7, akan dilengkapi layar Full HD+ seluas 5,65 inci dengan aspect ratio 18: 9, sedangkan Mi 7 Plus memiliki resolusi 6,01 inci FHD+ dengan aspect ratio yang sama. Keduanya dilengkapi dengan 8GB RAM.