Metode Kalibrasi Battery Laptop Secara Manual

Pengguna notebook sering kali mempergunakan battery notebook-nya dengan seenaknya. Battery di-charge ketika battery terisi penuh. Alasan mereka memperlakukan notebooknya semacam itu cukup beragam. Ada yang beralasan sibuk hingga tak sempat menunggu pengisian battery terisi penuh. Dan ada pula yang beragumen bahwa battery yang digunakan sudah menggunakan lithium ion sehingga bisa dicabut-pasang kapan saja.

Metode Kalibrasi Battery Laptop Secara Manual

Benar adanya bahwa lithium ion bisa di-charge dan discharge kapan saja, tidak seperti battetry nikel metal yang bayak digunakan pada battery jenis lawas. Tapi, pola penggunaan seperti itu tetap saja berdampak pada performa dan umur battery Anda akan semakin cepat mendekati “masa pensiunnya” Demikian pula dengan performanya.

Guna mengantisipasi masalah di atas, beberapa produsen notebook menyediakan software kalibrasi yang secara otomatis dapat mengoptimalkan battery agar bekerja lebih optimal. Cara kerja software tersebut pada dasarnya akan mengisi battery Anda hingga penuh dan akan menggunakannya hingga battery habis. Itu saja. Oleh karena itu, Anda yang kebetulan memiliki notebook tanpa software kalibrasi di dalamnya dapat mengikuti trik ini untuk melakukan kalibrasi pada battery notebook Anda.

Berikut ini detail cara kalibrasi battery secara manual:
1. Buatlah sebuah profil daya baru dengan menjalankan Control Panel melalui menu Start > Control Panel > Hardware and Sound > Power Optionns.
2. Klik Create a power plan pada panel kiri jendela. Pada kolom plan name beri nama Calibration. Setelah itu, pada semua opsi yang tersedia, pilih Never buat dan charge notebook Anda hingga terisi seratus persen.
3. Setelah battery penuh, cabut satu daya dan biarkan notebook Anda berada dalam kondisi idle tanpa suatu aktivitas apapun. Apabila battery hampir habis dan Anda diminta untuk men-charge-nya, abaikan saja perintah tersebut. Biarkan hingga notebook Anda mati dengan sendirinya karena kehabisan daya.
4. Setelah proses di atas berhasil dilalui, berarti Anda sudah berhasil dan gunakan seperti biasa.

Share Button
Baca Juga :  Tentang Windows 10

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part