Seputar Tekno

Mengulik Software Edit Photo Meitu

Apakah Sobat pernah melihat unggahan foto editan khas kartun atau anime lucu di beranda media sosial akhir-akhir ini? Ya, hasil editan cantik itu bisa jadi ialah foto editan dari Meitu, aplikasi photo editing. Meskipun sudah dirilis sejak 2008 lalu, namun pengembangnya memutskan untuk meluncurkan versi mobilenya untuk Android dan iOS tahun lalu, sehingga ketenaran Meitu semakin meroket. Oleh karena itu, mari kita mengulik software edit photo Meitu lebih dalam lagi di artikel kali ini.

Asal-Usul Meitu
Meitu Inc. adalah sebuah perusahaan teknologi asal Cina yang didirikan pada tahun 2008 dan berkantor pusat di Xiamen, Fujian. Perusahaan ini membuat aplikasi smartphone dan selfie. Salah satunya ialah software pengeditan foto bernama Meitu untuk smartphone yang sangat populer di China dan negara-negara Asia lainnya, hingga menarik 456 juta pengguna yang memposting lebih dari 6 miliar foto setiap bulannya. (Baca juga: 7 Aplikasi Kamera Selfie Terbaik di Android)

Pada tanggal 31 Oktober 2016, aplikasi Meitu telah diaktifkan di lebih dari 1,1 miliar perangkat unik di seluruh dunia. Menurut App Annie, Meitu telah berulang kali digolongkan sebagai salah satu dari delapan pengembang iOS non-game teratas di seluruh dunia mulai Juni 2014 sampai Oktober 2016, bersama dengan raksasa internet global seperti Alibaba, Apple, Baidu, Facebook, Google, Microsoft dan Tencent. Bahkan, MeituPic, aplikasi utama mereka, memiliki 52 juta pengguna harian aktif dan 270 juta pendaftar. Pada tanggal 15 Desember 2016, Meitu ‘go public’ ke dewan utama Bursa Efek Hong Kong. Bursa Hong Kong belum melihat penawaran teknologi sebesar ini dalam hampir satu dekade.

Aplikasi seluler
Meitu saat ini memiliki 13 aplikasi yang terpasang di lebih dari 1,1 miliar perangkat unik di seluruh dunia, menghasilkan sekitar 6 miliar foto per bulan. Di luar China, tiga produk unggulan Meitu meliputi:

– MakeupPlus: Pengenalan wajah dan teknologi augmented reality yang canggih memungkinkan pengguna MakeupPlus untuk mencoba makeup kekinian dan yang sedang tren (atau juga membuatnya sendiri), dan kemudian belajar bagaimana membawa mereka melihat ke dunia nyata dengan menggunakan tips dan video tutorial make up. Aplikasi ini tersedia di toko Apple dan Google Play secara gratis.

– Airbrush: Dirancang untuk pria dan wanita, Airbrush memberikan layanan pada pengguna smartphone untuk retouch foto manual kelas profesional dan makeup terlihat untuk mencapai tampilan alami dan profesional dengan suntingan yang tidak terdeteksi. Ini juga tersedia di toko Apple dan Google Play secara gratis.

– BeautyPlus: Dengan fitur kecantikan “satu sentuhan”, pengguna BeautyPlus dapat langsung mengembalikan foto dan selfie video mereka. Juga termasuk fitur manual retouch dan photo editing ditambah pencipta profil Facebook Video (aplikasi kecantikan pertama yang dipilih oleh Facebook untuk meluncurkan fitur ini). Tersedia di toko Apple dan Google Play secara gratis.

Sekitar 70% pengguna media sosial di China mengunggah setidaknya memposting satu gambar ke jejaring sosial setiap minggunya, menurut sebuah laporan oleh iResearch, sebuah agen analitik China. Lebih dari separuh massa selfie dan foto lainnya yang diposkan di platform media sosial utama China diproses oleh aplikasi Meitu,.

Menurut App Annie, Meitu adalah aplikasi dari pengembang terbesar keempat di China. Aplikasi Meitu yang paling populer di China meliputi:

– MeituPic: Dipilih sebagai salah satu dari 10 aplikasi teratas iTunes tahun ini, Meitu telah menjadi salah satu aplikasi pengeditan foto terpopuler sepanjang masa yang memberi pengguna akses ke rangkaian filter, bingkai, efek, dan alat profesional lainnya yang luar biasa untuk mengubah foto di smartphone menjadi karya seni. Tersedia di toko Apple dan Google Play secara gratis.

– Meipai: Diluncurkan pada tahun 2015, Meipai telah berkembang pesat menjadi platform media sosial berbasis video nomor 1 di China dengan hampir 8 miliar tampilan per bulan. Meipai menawarkan seperangkat alat pengeditan yang memungkinkan pengguna merancang video hasil personalisasi dan mengekspresikan diri di peron.

Perangkat Seluler
Pada tahun 2013, Meitu mengembangkan smartphone selfie pertamanya yang disebut Meitu Kiss. Sejak saat itu, Meitu telah mengembangkan beberapa ponsel selfie dengan dua model terbaru, T8 dan M8, diluncurkan pada bulan Februari dan Mei 2017.

Baik Meitu T8 dan M8 adalah smartphone pertama dan satu-satunya di dunia yang menyertakan PDAF piksel ganda di kamera depan. Kamera T8 menggunakan sensor dual pixel Sony IMX362, dimana sensor yang sama yang digunakan untuk kamera belakang Xiaomi Redmi Pro 2.

Kamera piksel ganda disebut-sebut memberikan autofocus lebih cepat, dan juga gambar cahaya rendah yang lebih jernih. Ponsel yang dibangun dengan perangkat lunak ala Meitu yang bisa mempercantik dapat mencerahkan gigi, menghaluskan kulit, di bawah mata dan ramping wajah. AI akan menerapkan teknologi pengenal wajah Meitu di database selfie yang luas, untuk menebak usia, jenis kelamin dan nada kulit individu, sehingga dapat membuat tebakan yang lebih baik tentang bagaimana menipiskan penampilan Anda secara otomatis.

Meitu M8 mengemas sepasang kamera yang mumpuni. Kamera utama beresolusi 21MP memang mengesankan, namun sensor IMX362 12MP Sony di bagian depan adalah sorot utama. Sensor dual-nya, yang berarti memungkinkan lebih terang daripada kebanyakan, dan dilengkapi dengan sistem autofocusing fase-deteksi yang terkunci pada subjek pada tingkat “milimeter.” Accouterments berteknologi tinggi lainnya mencakup stabilisasi gambar optik, yang meningkatkan tingkat rendah, light performance, dan dual image engine milik Meitu, yang mempercepat post-processing.

Meitu M8 juga hadir dalam edisi terbatas Hello Kitty dan Sailor Moon edition, dengan selfie stick yang dirancang agar terlihat seperti tongkat Sailor Moon. Set resmi yang berlisensi juga mendapat restu dari artis Sailor Moon yang asli, Takeuchi Naoko. Hanya 10.000 ponsel Sailor Moon yang telah diproduksi, tersedia untuk pembelian pada bulan Juni 2017 di Hong Kong, China dan Taiwan.