Mengapa Blackberry Saya Suspend?

Mungkin pertanyaan diatas Anda ajukan ketika suatu saat blackberry kesayangan tak lagi bisa dipakai untuk melakukan bbm atau browsing. Padahal, seharusnya Anda mempertanyakan kembali tentang darimana blackberry tersebut Anda dapatkan. Sebab jika Anda membeli sebuah bb dari sumber yang jelas, maka resiko pin suspend rasanya amat kecil terjadi (kalau mau dikatakan hampir mustahil).

Kemungkinan besar, blackberry milik Anda mempunyai label BM yang dibeli dengan harga murah meriah. Yup, blackberry BM adalah jenis yang sangat rawan dengan pin suspend, berbeda dengan blackberry ex USA yang lebih aman terlebih jenis yang resmi dijual oleh distributor dalam negri.

 suspend

Berbeda dengan tipe handphone lainnya, pada blackberry dikenal istilah pin yang merujuk kepada ‘identitas’ sebuah unit yang terintegrasi secara built-in dan tidak bisa dipindahkan. Sebuah unit bb akan memiliki pin unik miliknya sendiri. Hal yang sama berlaku dengan sistem koneksi jaringan, dimana blackberry akan bekerja dalam servernya sendiri. Dengan demikian, bagi blackberry sendiri, untuk melakukan suspend sebuah pin adalah hal yang mudah.

Lantas, mengapa sebuah blackberry memiliki pin yang suspend?
Ada beberapa jawaban untuk hal ini, beberapa diantaranya adalah BB tersebut telah dilaporkan sebagai barang curian oleh pemilik sebelumnya atau bebe tersebut diperjualbelikan secara ‘illegal’ atau alasan lain yang hanya diketahui oleh Blackberry.

Bagaimana cara mengecek pin blackberry saya apakah aman atau suspend?
Gampang. Langkah pertama adalah dengan memeriksakan imei dan pin yang tertera di blackberry, stiker di belakang batre dan dus (jika ada). Kalau semua konsisten alias seragam, maka Anda perlu melakukan pemeriksaaan lanjutan.
Langkah kedua adalah dengan megirimkan email langsung ke blackberry di alamat help@rim.com atau help@blackberry.net. Pada email tersebut, cantumkan pin, IMEI dan tipe blackberry Anda. Pihak Blackberry pasti akan membalas email Anda.

Apakah itu kloning pin Blackberry?
Kloning blackberry secara langsung atau tidak langsung juga merupakan salah satu penyebab utama pin suspend. Secara umum, kloning berarti menanamkan sebuah pin ke dalam sebuah blackberry dimana hal ini tidak boleh dilakukan. Blackberry dengan pin kloning bisa saja dapat digunakan tetapi dalam jangka waktu tertentu, cepat atau lambat, bb tersebut akan segera disuspend oleh pihak Blackberry yang melakukan pengecekan secara berkala. BB jenis ini biasanya ditemukan pada barang BM.

Kloning pin juga biasanya ditawarkan oleh beberapa jasa yang ada di internet untuk mengatasi pin suspend. Tarifnya cukup mahal. Tetapi karena cara seperti itu adalah ilegal, kloning pin tidak akan bertahan lama dan sangat tidak direkomendasikan untuk dilakukan pada blackberry suspend.

Bagaimana cara mengetahui Blackberry saya pinnya suspend?
Tidak susah. Jika Anda sudah mendaftarkan layanan blackberry secara benar tetapi blackberry tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka Anda patut mencurigai bahwa pin Blackberry Anda suspend. Jika belum pasti, bawa bb ke gerai provider terdekat agar diperiksakan paket Blackberrynya apakah sudah betul atau belum didaftarkan.

Bagaimana menghindari BB suspend?
Membeli produk original adalah cara yang paling mudah untuk menghindari BB yang memiliki pin suspend. Jika memang harus membeli barang 2nd, pastikan Anda membeli dari sumber yang bisa dipercaya atau khusus untuk barang ex USA, pastikan Anda melakukan pengecekan imei+pin terlebih dahulu sebelum membeli, atau meminta garansi yang lebih panjang dari penjualnya.

Apakah solusi untuk mengatasi Blackberry suspend?
Tidak ada cara lain untuk mengatasi blackberry yang suspend kecuali dengan menggantinya dengan unit yang lain. Seluruh cara ‘illegal’ untuk mengatasi bb suspend tidaklah direkomendasikan, sebab memang tidak ada cara legal yang tersedia. Jika kebutuhan Anda hanyalah melakukan telpon dan sms, maka Blackberry suspend masih dapat melakukannya.