MediaTek Helio X30 Resmi Diperkenalkan

Setelah bulan lalu Qualcomm meluncurkan Snapdragon 821, kali ini MediaTek secara resmi memperkenalkan Helio X30. Pada awal pekan kedua Agustus 2016, chipset buatan China tersebut diperkenalkan sebagai prosesor kelas atas terbaru. Helio X30 sendiri merupakan kelanjutan dari dua chipset sebelumnya, yaitu Helio X20 dan Helio X25.

MediaTek Helio X30 Resmi Diperkenalkan

Seperti kedua pendahulunya, Helio X30 juga diperkuat dengan 10 inti CPU dengan desain arsitektur tri-cluster yang dibuat dengan proses fabrikasi 10nm FinFET TSMC. Menurut informasi, kesepuluh inti CPU tersebut dibagi menjadi tiga kelompok. Sebanyak 4 dari 10 inti CPU merupakan core Cortex-A73 dengan kecepatan 2.8 GHz yang mampu menangani pekerjaan-pekerjaan berat. Sementara itu, tugas-tugas yang lebih ringan ditangani oleh 4 core Cortex-A53 yang berkecepatan 2.2 GHz dan 2 core Cortex-A35 yang berkecepatan 2.0 GHz.

Lebih lanjut, Helio X30 dipadukan dengan pengolah grafis PowerVR 7XT yang memiliki 4 inti GPU. Chipset ini dirancang untuk kinerja aplikasi lebih besar dan konsumsi daya lebih hemat. Dengan label VR yang disematkan, pengolah grafis ini mampu memproses aplikasi virtual reality secara optimal. Selain itu, Helio X30 juga didukung oleh RAM LPDDR4 POP mulai 1.600 MHz hingga 8 GB. Pemakaian RAM 8 GB tentu menghasilkan kinerja multi tasking yang lancar dan begitu cepat, tanpa ada lagi istilah smartphone nge-lag.

Baca Juga :  WhatsApp Punya Fitur Baru, Bisa Upload Status Foto & Video

Sebagai chipset high end, Helio X30 didukung pula oleh resolusi foto hingga 40 MP dan resolusi video hingga 24 MP. Sensor kameranya terbilang sangat tinggi. Chipset ini mampu merekam video dengan frame rate 60 frame per second (FPS) melalui kamera berkekuatan 16 MP. Semakin menarik, jika menggunakan kamera berkekuatan 8 MP, video bisa direkam dengan hasil maksimal frame rate 120 FPS, cocok untuk video slow motion. Dengan spesifikasi yang dimaksud, Helio X30 disebut-sebut menjadi otak smartphone kelas atas.

Dari sisi konektivitas internet, Helio X30 menggunakan agregasi tiga operator (three carrier agregation) dan akses koneksi 4G LTE kategori Cat12. Meski demikian, kehadirannya di pasar harus menunggu setahun ke depan, sebab smartphone dengan chipset Helio X30 mungkin baru dirilis pada pertengahan 2017 mendatang.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part