Masih Berpikir Untuk Tetap Memakai Windows XP di PC Anda?

Beberapa bulan lagi, tepatnya pada 8 April 2014, Microsoft akan secara resmi menghentikan seluruh dukungan dan support untuk Windows XP. Seperti yang kita tahu, Windows XP pertama kali diluncurkan pada tahun 2001, 12 tahun silam, merupakan operating system yang sangat populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer rumahan menggantikan versi Windows sebelumnya yaitu Windows 2000 dan Windows ME, bahkan hingga hari ini.

Sekilas XP
XP merupakan singkatan dari eXPerience, maksudnya memberikan pengalaman komputasi yang lebih baik bagi para penggunanya. Hingga Januari 2006, Windows XP sudah terjual lebih dari 400 juta kopi di seluruh dunia. Itu belum termasuk penggunan versi Windows XP bajakan yang jumlahnya disinyalir lebih besar dibandingkan pengguna resmi. Windows XP diperbaharui oleh Windows Vista yang hadir pada tahun 2007.

winxp

Wafatnya Windows XP
Berita mengenai ‘kematian’ Windows XP pada tahun 2014 dengan tak adanya lagi dukungan dari Microsoft untuk sistem operasi ini boleh jadi menjadi kabar buruk bagi pengguna Windows XP yang masih sangat banyak jumlahnya. Anda barangkali salah satunya.

Well, pada kenyataannya memang ada banyak sekali pengguna PC yang enggan berpindah ke versi Windows yang lebih baru seperti Windows Vista atau Windows 7 karena sudah ‘terlanjur’ nyaman dengan Windows XP yang memang sangat enak digunakan. Faktor kebiasaan dan harga jual OS Windows terbaru yang cukup mahal membuat sebagian kalangan tetap bertahan dengan versi XP yang bisa jadi belum tampak terlalu kuno.

Tetap dengan Windows XP
Meski tak ada lagi dukungan dari Microsoft, bukan berarti Anda tak lagi bisa menggunakan Windows XP untuk kebutuhan sehari-hari. Lagipula, bagi pengguna versi bajakan, keberadaaan support resmi dirasa tidaklah terlalu penting. Mempertahankan Windows XP adalah hal yang sah-sah saja.

Meski demikian, perlu diingat bahwa tak akan ada lagi update terbaru dari Windows XP yang bisa ditemui di masa mendatang. Kita masih ingat dengan beberapa macam update Windows XP seperti Service Pack 1 (sp1), SP2 maupun SP3 yang sempat dirilis Windows untuk memperbaiki sekaligus memperbaharui sistem operasi Windows XP. Bisa dipastikan, setelah April 2014 tak akan ada lagi update service pack terbaru dari Windows XP.

Artikel menarik:  5 Aplikasi iPhone Terbaik Versi November 2017

Tanpa Support = Tanpa Keamanan Baru
Secara bertahap, pada tahun-tahun mendatang, Windows XP akan semakin tidak aman untuk digunakan. Para pembuat virus dan malware akan dengan senang hati ‘menghancurkan’ Windows XP yang tak lagi ‘dijaga’ oleh pembuatnya. Saat ini pun, Windows XP sudah menjadi sasaran empuk serangan virus jika dibandingkan dengan versi Windows terbaru yang jauh lebih aman ketika digunakan. Jika tidak percaya, Anda dapat mencoba membandingkan sebuah PC dengan OS XP dan Windows 7, dimana keamanan akan jauh lebih baik ditemukan pada Windows 7.

Alternatif
Untuk penggunaan sehari-hari secara normal dan minimal, mempertahankan Windows XP bukanlah persoalan besar. Tetapi jika ingin PC bekerja optimal, melakukan upgrade ke OS yang lebih baru mungkin adalah jalan yang paling baik. Sebagai alternatif, para pengguna Windows XP dapat berpindah ke Windows Vista atau Windows 7 & 8 yang lebih baru.

Kesimpulan
Sebuah peringatan awal bagi pengguna Windows XP agar bersiap-siap memikirkan OS terbaru bagi PC yang merka gunakan sebelum 2014 tiba. Anda tidak perlu burur-buru menentukan pilihan dan masih memiliki waktu yang panjang untuk menimbang-nimbang.

Hal yang sama berlaku bagi pengguna Windows XP yang masih ‘kekeuh’ untuk tetap menggunakannya. Masih ada banyak waktu untuk mencari informasi mengenai sistem keamanan yang dibuat oleh pihak ketiga (software developer) sehingga tanpa dukungan resmi dari microsoft pun, Anda masih akan tetap baik-baik saja.

Jadi masih Berpikir Untuk Tetap Memakai Windows XP di PC Anda? Pilihan ada di tangan masing-masing