Masalah Yang Sering Terjadi Pada Laptop

Saat ini semakin banyak saja yang menggunakan laptop karena tingkat mobilitasnya lebih tinggi dibandingkan komputer dekstop. Laptop lebih populer di pasaran sebab mempunyai performa yang hampir menyerupai komputer dekstop dan pastinya ditambah sifat mobilitasnya. Namun satu hal yang paling tidak diinginkan terjadi pada laptop yaitu jika terjadi kerusakan atau masalah yang membuat Anda semakin jengkel.

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Laptop

Setelah penggunaan dalam jangka waktu tertentu, seringkali laptop memperlihatkan kendala teknis di dalamnya. Bukan hanya setelah beberapa saat digunakan, namun laptop juga bisa mengalami setting komponen, baik itu hardware atau software, yang tidak sesuai atau kurang teliti. Bagi kebanyakan orang, hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan karena pekerjaan mereka bisa terhambat. Maka dari itu, mari Anda simak masalah yang sering terjadi pada laptop berikut ini:

1. Kerusakan Pada Memori atau RAM Laptop
Kerusakannya yaitu pada saat dihidupkan tidak muncul tampilan sama sekali, mengeluarkan suara ‘beep-beep’ berulang kali, dan blue screen pada saat Operating System. (Baca juga: Cara mengurangi Beban RAM pada Laptop)

2. Kerusakan Pada Motherboard/IC Regulator Laptop
Kerusakannya yaitu sulit dihidupkan, mati tiba-tiba, baterai tidak mau di charge, dan lampu indikator baterai yang mati mendadak ketika sedang mencharge baterai.

Artikel menarik:  Cara Registrasi Ulang SIM Card Seluruh Provider

3. Kerusakan Pada LCD Laptop
Kerusakannya antara lain muncul blok-blok hitam yang tak jelas pada layar LCD, muncul garis-garis yang tak jelas pada layar LCD, atau bahkan tidak ada gambar yang muncul.

4. Kerusakan Pada Keyboard Laptop
Kerusakan yang bisa terjadi yaitu beberapa tuts tidak berfungsi dengan baik, terdengar bunyi beep panjang ketika laptop dinyalakan, atau kursor bergerak tidak karuan.

5. Kerusakan Pada Charger Laptop
Kemudian, kerusakan yang paling umum terjadi ialah pada bagian charger. Kerusakan itu seperti baterai susah di charge, ketika charging laptop tiba-tiba mati padahal awalnya menyala,, dan tidak ada indikator lampu walaupun kabel power sudah terhubung dengan laptop tersebut.

6. Kerusakan Pada Hardisk Laptop
Kerusakan pada hardisk bisa meliputi susah masuk ke Windows, terdengar bunyi beep aneh ketika dinyalakan, kinerja laptop menurun, dan setelah booting akan langsung merestart kembali.