Seputar Tekno

Manfaat dan Bahaya Geotagging di Android

Sobat Gaptex pasti pernah mendengar istilah geotagging bukan? Biasanya kita mengenal istilah itu pada perangkat canggih di zaman sekarang, dimana geotagging diaplikasikan pada kamera-kamera digital maupun perangkat kamera ponsel tersebut. Sebelum mengulik lebih dalam mengenai manfaat dan bahaya geotagging di Android, ada baiknya Anda terlebih dahulu pengertian dari geotagging sebagai berikut.

Pengertian Geotagging
Geotagging ialah suatu proses penambahan identifikasi geografis metadata ke berbagai media seperti foto, video, situs web, atau umpan RSS dan merupakan bentuk metadata geospasial. Data ini umumnya terdiri dari garis lintang dan bujur, meski bisa juga meliputi ketinggian, bantalan, jarak, akurasi data, dan nama tempat.

Secara singkatnya, geotagging ialah sebuah proses yang memberikan suatu identitas dari gambar, video, secara detail dengan metadata. Tentu saja fitur tersebut sangat bermanfaat bagi pengguna platform Android. Geotagging dapat Sobat gunakan sebagai penambah keistimewaan dalam foto dan perangkat Anda. Namun selain banyak manfaatnya, ternyata geotagging banyak menghisap daya baterai, bahkan ada juga bahaya lainnya.

Manfaat dan Bahaya Geotagging
Memang, tidak banyak pengguna gadget yang tahu mengenai manfaat dan bahaya yang mungkin timbul dari proses geotagging. Untuk itu, kali ini kami akan membahas manfaat dan bahaya geotagging. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Geotagging
1. Lokasi yang Lebih Akurat dan Terperinci
Geotagging secara otomatis akan memberikan informasi tentang lokasi Anda secara akurat dan detail. Ini membantu Anda untuk berbagi foto dengan teman Anda jika mereka memintanya. Akan sangat mudah bagi Anda tanpa memberi mereka lokasi, mereka akan mengetahui lokasi penjepretan foto Anda secara langsung saat mereka melihat detail foto yang Anda kirim. Bahkan di dalam rincian tersebut, ada detail lokasi dan jam pengambilan fotonya.

2. Memfasilitasi Pencarian Lokasi
Selain memberikan lokasi lebih akurat, pencarian lokasi juga bisa menjadi manfaat geotagging. Lantas, apa manfaatnya? Jika hanya teman atau Anda yang lupa saat mengambil foto, Anda bisa memprovokasi ingatan Anda dengan melihat lokasi foto. Atau mungkin Anda bisa saat mencari dimana lokasi pengambilan foto itu didasarkan pada lokasi yang terdaftar.

3. Asli, No Tipu-Tipu
Geotagging memberi lokasi asli, tidak bisa ditipu untuk memberi informasi pura-pura atau informasi tipuan. Karena itu, sistem Android Anda akan otomatis memberikan lokasi yang akurat dan terbukti keasliannya. Ini terkait dengan nama peta, jadi geotagging Anda akan bekerja dengan sendirinya tepat saat Anda mengambil foto.

4. Mudah dalam Rincian
Intinya adalah jika Anda berhasil mengambil satu foto, Anda tidak perlu lagi menambahkan rincian ini dan itu. Dan jika Anda tidak ingin kehilangan informasi tentang lokasi foto, cukup aktifkan fitur geotagging sebagai penolong Anda untuk menambahkan detail lokasi.

Artikel menarik:  7 Headset Gaming Terbaik untuk Gamer Pro 2018

Bahaya Geotagging
1. Mudah diserang Hacker
Dari judulnya sendiri memang terdengar mengerikan. Memang benar, geotagging bisa menjadi bahan sadapan peretas dunia karena saat Anda memotret di area tertentu, maka lokasi layanan otomatis di Android Anda akan memberikan informasi dimana Anda mengambil foto. Lebih buruk lagi, geotagging bisa dilihat dengan jelas di peta. Jadi, bisakah itu dinonaktifkan? Tentu saja bisa, dan itu sangat mudah. Cukup masuk ke setting, lalu cari lokasi dan matikan.

2. Terkena Virus
Ternyata melalui geotagging, smartphone Anda juga bisa terinfeksi virus. Bagaimana bisa? Ternyata saat Anda mengambil beberapa foto di daerah tertentu, hacker tidak segan tuk mengambil foto tersebut, bahkan virus akan mereka tanam di Android Anda. Seiring waktu ponsel Android Anda bisa panas dengan sendirinya, restart sendiri, mungkin yang paling parah Anda, tidak bisa menyala kembali.

3. Entry Sistem Akses Menjadi Mudah
Apa artinya sistem entry access menjadi mudah? Ternyata, hacker tidak hanya mengambil foto atau video Anda, melainkan akan mengambil semua foto penting Anda. Bahkan galeri Anda bisa di-hack olehnya, jadi hacker akan sangat mudah tentunya untuk mengambil jalan itu sebagai jalur hacking yang akurat.

4. Sarang Virus
Yang dimaksud dengan virus geotagging adalah ketika Anda memotret, saat itulah virus menempel pada gambar. Android diserang virus saat pengambilan foto, gambar tidak akan masuk ke galeri, namun segera lenyap. Itu bisa diambil langsung oleh si hacker.

5. Baterai Panas Lebih Cepat
Bahkan baterai juga bisa terkena dampak karena geotagging. Baterai akan panas lebih cepat karena setiap kali Anda memotret, geotagging otomatis akan melacak lokasi Anda dan akan menyimpannya sekaligus dengan foto dan lokasi saat ini.

Jika itu berlanjut, maka baterai Anda akan menjadi korbannya. Akan lebih buruk lagi jika Anda adalah penggemar fotografi. Tentu saja hal ini tidak akan Anda biarkan begitu saja?

Demikianlah artikel berisi manfaat dan bahaya dari geotagging di Android. Sebagai tambahan, tidak semua perangkat memiliki fitur geotagging. Geotagging hanya tersedia pada perangkat tertentu. Jadi bagi Anda yang punya smartphone yang menyediakan fitur ini, lebih memilih untuk mengaktifkannya atau tidak? Itu pilihan Anda sendiri.