Seputar Tekno

Macam-Macam Layanan Internet

Internet saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Fungsinya semakin luas, antara lain untuk sarana berkomunikasi, mencari informasi, hingga menjadikan sejumlah aktivitas kian praktis. Perkembangan internet tidak hanya didukung oleh kemajuan teknologi, tetapi juga penjualan smartphone dan koneksi jaringan. Untuk memaksimalkan penggunaan, Anda perlu mengetahui macam-macam layanan yang disediakan internet.

Macam-Macam Layanan Internet

Pada tulisan ini, kita akan membahas macam-macam layanan internet, sebagai berikut :

1. World Wide Web
World Wide Web atau disingkat “www” merupakan layanan internet yang sangat populer saat ini. Layanan ini memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi dengan menjelajahi halaman website di dunia maya. Browsing, demikian istilahnya. Kita tidak hanya dapat mengakses informasi dalam bentuk tulisan, tetapi juga gambar, video, animasi, suara, dan format-format lainnya.

2. E-mail
E-mail atau kependekan dari Electronic Mail merupakan layanan untuk berkirim surat melalui jaringan internet. Secara historis, e-mail adalah layanan internet pertama di dunia. Dan tidak berbeda dengan www, e-mail termasuk salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan e-mail, kita tidak hanya bisa bertukar kabar dan informasi, tetapi juga melakukan aktivitas lainnya, seperti login ke website tertentu dan melakukan registrasi secara online.

3. E-commerce
E-commerce merupakan layanan internet yang digunakan untuk kegiatan ekonomi. Contohnya seperti toko online. Dengan e-commerce, kita tidak perlu lagi berbelanja ke toko untuk membeli barang karena barang tersebut bisa dicari, dilihat, dipesan, dan kemudian dibayar secara online. Meski demikian, kita memerlukan ketelitian supaya barang yang dibeli nantinya sesuai dengan apa yang diharapkan.

4. E-banking
Dari namanya saja, kita bisa mengetahui bahwa e-banking merupakan layanan untuk melakukan pembayaran atau transaksi keuangan melalui internet dengan website milik bank. Hampir semua bank di Indonesia kini memiliki layanan e-banking untuk memudahkan para nasabah. Dengan e-banking, aktivitas keuangan menjadi lebih efisien, efektif, dan produktif, jika dibandingkan dengan transaksi melalui tatap muka.

5. E-learning
E-learning merupakan sistem pembelajaran secara elektronik dimana murid tidak perlu lagi bertemu dengan guru di ruang kelas. Interaksi antara murid dan guru dapat dilakukan dari jarak jauh melalui komputer. Dengan e-learning, guru dapat melakukan upload materi dan murid dapat membacanya berulang-ulang. Namun jika berlebihan, e-learning dapat mengurangi interaksi antara murid dan guru secara langsung.

6. E-government
E-government merupakan pelayanan yang diberikan pemerintah bagi masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. E-government diciptakan dengan harapan mampu meningkatkan aksesibilitas yang lebih baik terhadap public service atau pelayanan publik. Dengan e-government, berbagai aktivitas dapat diatur melalui sistem komputasi yang sistematis sehingga dapat meminimalkan human error.

7. Mailing List
Mailing list atau disingkat “milist” merupakan layanan internet untuk melakukan diskusi dalam suatu komunitas tanpa terikat ruang dan waktu. Setiap anggota milist bisa membaca surat dari anggota lainnya, begitu juga setiap anggota memiliki hak untuk membalas surat atau tidak dimana balasan tersebut dapat dibaca oleh seluruh anggota milist. Setiap kita bisa berlangganan milist dan juga berhenti berlangganan.

8. Chatting
Chatting merupakan layanan internet yang memungkinkan setiap orang untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan teks di berbagai tempat di seluruh dunia. Salah satu contoh aplikasi chatting yang dulu sering digunakan adalah Internet Relay Chat atau IRC. Keberadaannya kini tergantikan oleh berbagai kemunculan aplikasi chatting yang semakin canggih, seperti Facebook, BlackBerry Messsanger, dan WhatsApp. Kita tidak hanya bisa berkirim pesan teks, tetapi juga gambar, suara, video, nomor kontak, bahkan koordinat lokasi.

9. VOIP (Voice Over Internet Protocol)
VOIP merupakan layanan internet yang memungkinkan percakapan jarak jauh melalui sambungan telepon secara gratis. Kita hanya perlu mempersiapkan koneksi internet tanpa harus membayar pulsa telepon. Data suara akan diubah menjadi kode digital untuk selanjutnya ditransmisikan melalui jaringan paket data internet, bukan melalui sirkuit analog telepon biasa.

Semoga bermanfaat!