Berita

LG V30+ Hadir di Indonesia, Spesifikasi dan Harga?

Di akhir tahun 2017, LG Mobile Indonesia sempat-sempatnya mnghadirkan kejutan bagi konsumen gadget di Tanah Air. Kejutan yang dimaksud ialah peluncuran perangkat V30+. Sesuai namanya, perangkat ini ialah perangkat penerus dari LG V20 dan varian tertinggi dari LG V30. Bahkan di beberapa negara, V30+ sudah lebih dulu dirilis, yakni saat bulan September hingga November kemarin.

LG V30+ mulai dijual resmi di Indonesia pada bulan Desember ini. Smartphone tersebut diklaim sebagai perangkat yang berfokus pada multimedia dengan mengandalkan fitur kamera, audio, dan layar. Namun sayangnya, LG V30+ belum dipastikan kapan waktu yang pasti untuk diluncurkan, karena menurut Heegyun Jang selaku Head of LG Mobile Communications Indonesia, pihaknya baru berencana akan merilis V30+ pada bulan Desember.

Selain itu, karena V30+ diposisikan sebagai perangkat premium sehingga kisaran harga mungkin akan berada di angka Rp 10 jutaan. Untuk lebih jelasnya, mari simak spesifikasi lengkapnya di bawah ini.

Desain
Jika dilihat secara sekilas, tentunya desain dari LG V30+ sangat premium. Body dan bentuknya pun terasa sangat pas di telapak tangan dengan ketebalan 7,3 mm, yang sedikit lebih tipis dari Samsung Galaxy S8. Kemudian, LG V30+ juga memiliki bobot yang ringan yaitu 158 gram, lebih sedikit dari Galaxy S8 yang memiliki bobot 155 gram.

Tepi melengkung dan tepi yang membulat menambah rasa nyaman pada LG V30+ di tangan. Chassis atau frame smartphone ini terbuat dari aluminium, namun cover belakangnya terbuat dari plastik dengan lapisan khusus, yang membuatnya seperti kaca.

Ketika Anda melihat LG V30+ untuk pertama kali, mungkin Anda akan tertipu dengan desain tepi layar. LG membuat ujung layar melengkung, tidak bersiku, sehingga bila dilihat dari samping akan memberi kesan seolah-olah layar melengkung bak Edge di Samsung Galaxy.

Menyentuh, serta mengoperasikan antarmuka pada layar smartphone pun bisa dikatakan sangat ringan dan cepat, kinerja ini didukung oleh perangkat keras kelas atas, seperti chipset Snapdragon 835 dengan CPU okta-inti, GPU Adreno 540, dan dukungan memori RAM 4 GB.

Layar dan Multimedia
Panel display P-OLED milik LG V30+ mendukung teknologi high dynamic range (HDR) yang membuat warna dan perbedaan terang-gelap lebih terasa kontras. Bila dilihat dari sisi manapun, warna yang ditampilkan di layar sepertinya tidak berubah, atau menjadi sebagian gelap. Meskipun layarnya belum mengusung desain bezel-less, seperti smartphone-smartphone unggulan saat ini, sehingga di sisi layar tetap terlihat agak tebal. Tapi saat layar mati, layar LG LG V30+ terlihat mulus dan rapi, karena tidak ada tombol fisik sama sekali.

Artikel menarik:  Ulefone Power 3 Max Hadir dengan Baterai 13000mAh!

Tapi karena mengusung rasio layar 18: 9, LG V30+ saat digunakan untuk menonton video di YouTube yang sebagian besar masih beresolusi 16: 9, membuat sisi layar seolah terputus. Padahal Samsung sudah memiliki fitur zoom untuk membuat fitur full video 16: 9 pada layar rasio 18.5: 9 pada Galaxy Note 8, namun LG V30+ tidak tersedia fitur zoom video ini saat menonton YouTube. Belum diketahui apakah LG juga akan menyediakan fitur ini sebagai update firmware atau tidak.

YouTube sendiri telah merilis update aplikasi di versi 12.44, yang menambahkan fitur pinch to zoom untuk smartphone berlayar 18: 9 smartphone. Jadi pastikan aplikasi YouTube di perangkat 18: 9 Anda telah diperbarui.

Dari sisi audio, LG memasang fitur andalan quad-DAC (digital-analog converter) di LG V30+. Fitur ini diklaim bisa menghasilkan audio 32 bit tingkat tinggi. Saat Anda mencoba memutar video HDR di YouTube, suaranya terdengar nyaring namun tidak pecah. Soket audio 3,5 mm juga dipasang pada perangkat ini. LG juga melengkapinya dengan earphone Bang & Olufsen dalam paket pembelian, terutama untuk pasar Indonesia.

Kamera
Kamera dual di bagian belakang LG V30+ mengusung kombinasi lensa sudut normal dan lebar. Untuk kamera dengan sudut normal, ada lensa dengan sudut 71 derajat yang dipasangkan dengan sensor 16 megapiksel. Lensa kamera sudut normal ini membawa aperture f/1.6 pada aperture, lensa aperture terluas dari lensa kamera saat ini.

Sementara kamera wide angle di bagian belakang memiliki sudut lensa 120 derajat dengan sensor resolusi 13 megapiksel dan aperture lensa yang lebih kecil, yaitu f / 1.9. Untuk kamera depan, LG memasang sensor resolusi 5 megapiksel dengan lensa sudut 90 derajat dan aperture f/2.2 diafragma.