Berita

LG V20, Smartphone Android Nougat Pertama

Jika sesuai dengan rencana, September 2016 mendatang akan menjadi sejarah baru di dalam industri smartphone. Pasalnya, smartphone dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat resmi diluncurkan. Vendor yang berkesempatan merilisnya adalah LG dengan seri produk LG V20. Berbagai spekulasi gencar beredar sebelumnya dan kini vendor asal Korea Selatan tersebut semakin memantapkan diri menjadi pionir smartphone Android Nougat pertama di dunia.

LG V20, Smartphone Android Nougat Pertama

LG V20 disebut-sebut akan membawa standar baru ponsel pintar kelas menengah ke atas. Dari segi desain, smartphone ini dibekali bentang layar seluas 5,5 inch dengan resolusi tinggi sebesar 2560 x 1440 piksel. Dengan kekuatan tersebut, kualitas visual yang dimiliki LG V20 diprediksi lebih tajam jika dibandingkan beberapa seri pendahulunya. Sebagai smartphone flagship, layar dilindungi oleh pelapis Corning Gorilla Glass 4 yang dikenal mampu memberi perlindungan maksimal anti debu, anti gores, dan anti pecah.

Untuk sektor penyimpanan, LG V20 rencananya ditawarkan dalam dua opsi. Pilihan RAM tersedia antara 3 GB atau 4 GB. Sementara memori internal, kabarnya dihadirkan antara 32 GB atau 64 GB. Tidak ketinggalan memori eksternal, microSD yang akan ditambahkan bisa menggunakan kapasitas 128 GB atau 256 GB. Seperti disebutkan sebelumnya, LG V20 akan memakai sistem operasi Android 7.0 Nougat. Sistem operasi tersebut akan dipadukan dengan prosesor Snapdragon 820/821 dan pengolah grafis Adreno 530.

Artikel menarik:  Ulefone Power 3 Max Hadir dengan Baterai 13000mAh!

Berbicara soal fotografi, LG mempersiapkan kamera belakang 20 MP dan kamera depan 8 MP. Selain itu, kamera depannya akan mengusung fitur dual-camera yang diklaim memenuhi standar militer. Artinya, kamera tahan banting dan goncangan sehingga menjadikannya satu kelebihan tersendiri bagi LG V20. Fitur lainnya yang semakin menambah komplit perangkat ini adalah port USB Type-C yang menawarkan kemampuan transfer data dan pengisian daya baterai super cepat. Menurut informasi, baterai LG V20 akan berkapasitas 4000 mAh.

Meskipun digadang sebagai produk andalan, LG V20 harus siap berkompetisi dengan produk lain. Hal ini mengingat LG G5 SE tidak terlalu menuai sukses. Di samping itu pada September 2016, Apple hendak merilis generasi baru iPhone. Pun demikian Samsung yang kabarnya akan meluncurkan Galaxy Note 7. Setidaknya LG berusaha selangkah lebih maju dengan meyakinkan pasar bahwa LG V20 adalah smartphone Android N pertama saat ini.