Berita

LG G7 Bakal Usung chipset Snapdragon 845?

Beberapa waktu lalu, tersiar kabar bahwa Qualcomm meminta bantuan Samsung untuk mengembangkan chipset terbaru mereka yaitu Snapdragon 845. Namun laporan baru-baru ini, justru LG yang bergerak cepat untuk menjadi rekan Qualcomm. Nyatanya, hal ini karena LG trauma dengan kejadian LG G6 yang tak kebagian Snapdragon 835.

LG G7 Bakal Usung chipset Snapdragon 845

Saat bulan April 2017 kemarin, LG G6 resmi hadir di Indonesia dengan mengusung Snapdragon ‘jadul’ dari smartphone flagship lainnya. Bandingkan saja dengan Sony Xperia XZ Premium, Xiaomi Mi 6, Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus, ataupun HTC U11, semua ponsel flagship telah menggunakan Snapdragon 835.

Waktu itu, LG bisa dikatakan terlambat lantaran Qualcomm kehabisan stok sehingga produk G6 nya hanya menggunakan Snapdragon 821. Oleh karena itu, LG mengantisipasinya dengan menjadi rekan kerja sama Qualcomm untuk menyematkan Snapdragon 845 SoC di smartphone LG G7 tahun depan! Chipset tersebut bakal mempunyai kemampuan kinerja yang lebih baik 30 % daripada Snapdragon 835 untuk proses single core. Sementara untuk kinerja multi core-nya akan terjadi peningkatkan sebesar 70%.

Pengerjaan chipset Snapdragon 845 sendiri digadang-gadang telah mulai pada awal Mei 2017. Menurut sumber terpecaya, prosesor anyar Qualcomm tersebut berbasis teknologi 7 nm. Dari sisi kapasitas baterai, kabarnya chip ini akan lebih efisien dari generasi sebelumnya.

Artikel menarik:  Smartwatch ‘Murah’ dari TAG Heuer Seharga Rp 15 Juta?

Pastinya kabar ini menjadi awal yang baik untuk LG dalam menghadapi persaingan antar vendor smartphone tahun depan. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, LG selalu berada di balik bayang-bayang Samsung jika berbicara soal ponsel flagship. Contohnya pada LG G5 yang sepi peminat dan LG G6 tahun 2017 ini pun kalah saing. Meskipun tak dipungkiri bahwa ponsel anyar tersebut menjadi salah satu smartphone terbaik saat ini.

Meski kabar menarik tentang Snapdragon 845 ini telah keluar ke ranah publik, namun kebenarannya belum dapat dipastikan secara utuh. Pasalnya, Qualcomm maupun LG masih irit bicara soal kerja sama mereka tersebut. Kita tunggu saja benar atau tidaknya rumor Snapdragon 845 atau LG G7 yang akan dirilis resmi tahun 2018 mendatang.