Berita

Lenovo & Google Berkolaborasi Buat Touchscreen Makin Pintar

Lenovo mengumumkan hasil kerjasamanya dengan Google pada ajang di CES 2018 baru-baru ini, yaitu sebuah perangkat intuitif yang menjadikan hunian lebih cerdas bernama Lenovo Smart Display. Perangkat ini memang dirancang khusus untuk keluarga yang sibuk, sehingga membutuhkan teknologi yang mudah digunakan demi menghemat waktu.

Di ajang CES (Consumer Electronics Show) memang sering dijadikan para pabrikan teknologi untuk memperkenalkan produk terbaru mereka ke khayalak ramai. Salah satunya adalah Sony, Perusahaan asal Jepang, yaitu Sony resmi merilis Xperia L2, XA2 dan XA2 Ultra. Bukan hanya Sony, Lenovo juga mengenalkan touchscreen cerdas, hasil kolaborasi bersama Google.

Pada perangkat yang dinamakan Lenovo Smart Display, tertanam Google Assistant yang membuat layar sentuh beresolusi HD itu menjadi pintar. Menurut Lenovo sendiri, perangkat ini akan membantu anggota keluarga untuk memulai pagi dan mendapatkan prakiraan cuaca terbaru, kondisi lalu lintas, dan jadwal pertemuan.

Pengguna juga bisa bersantai sore sambil melakukan panggilan video menggunakan Google Duo, menonton video di YouTube, menikmati lagu favorit, atau mengelola perangkat lain. Semuanya pun dilakukan hanya dengan perintah suara dan sedikit sentuhan di layar.

Dalam spesifikasi lengkapnya, Lenovo Smart Display tersedia dalam pilihan layar 8 inci atau 10 inci sehingga diklaim Lenovo sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari. Perangkat ini juga dilengkapi dengan dapur pacu yang terdiri dari Qualcomm SDA 624 SoC yang menampilkan fitur CPU, GPU, dan DSP, serta Wi-Fi dan koneksi Bluetooth yang cepat.

Lenovo Smart Display juga berguna setelah pengguna pulang bekerja, hanya dengan perintah suara, pengguna bisa melihat tutorial video memasak di YouTube sambil menyajikan makan malam, di layar Full HD dengan speaker 10 watt.

Artikel menarik:  Kamera Mirrorless Fujifilm X-H1 Targetkan Para Videografer

Dengan Google Asisstant di dalamnya, Lenovo Smart Display berfungsi sebagai satu pusat komando untuk semua perangkat rumah cerdas, termasuk Nest dan manufaktur lainnya, mulai dari lampu rumah, pemanas ruangan, dan banyak lagi. Setelah menikmati makan malam yang lezat, Anda dapat melakukan video call dengan keluarga atau teman melalui Google Duo, tersedia di Android dan iOS. Lenovo Smart Display juga bisa diputar dari posisi portrait ke landscape.

Perangkat Lenovo Smart Display ini berhasil menyedot perhatian pengunjung CES 2018. Ini menjadi perangkat yang jauh lebih menarik daripada Echo Show (atau Asisten Google Asisten lainnya yang diumumkan di CES 2018), dan memiliki fungsi serupa. Pengalaman pengguna tampak mulus, dengan integrasi opsi tampilan dan video yang hebat, dan Asisten Google tetap menjadi asisten virtual yang kuat untuk dikalahkan. Adapun masalah harga juga tidak terlalu mencekik konsumen. Lenovo Smart Display berukuran 10 inci dijual dari harga Rp 249,99 (Rp 3,3 juta), sedangkan ukuran 8 inci dijual dari Rp 199,99 (Rp 2,6 juta), dan akan tersedia secara global dalam beberapa minggu ke depan.