Berita

Laptop Chipset Smartphone? Perkenalkan Asus NovaGo & HP Envy x2

Setelah perangkat notebook hybrid menjadi populer beberapa waktu lalu, pasar komputer kembali diramaikan dengan hadirnya perangkat kategori baru. Lini anyar ini disebut Always Connected PC atau dalam bahasa Indonesianya selalu terhubung. Perlu diketahui kategori ini menjadi buah kolaborasi antara Microsoft dan Qualcomm yang diumumkan pada ajang Computex 2017 di Taiwan.

Setelah pengumuman di ajang Computex 2017 itu, notebook Windows 10 yang dipersenjatai chipset Snapdragon akhirnya muncul ke permukaan. Adalah brand Asus dan HP menjadi dua pabrikan pertama yang merilis perangkat tersebut. Asus memperkenalkan NovaGo, sedangkan HP merilis perangkat Envy x2. Keduanya sama-sama mengusung chipset flagship Snapdragon 835, layaknya smartphone kelas atas saat ini.

Bagi Sobat yang belum tahu, Always Connected PC ialah kategori perangkat komputer baru yang mengaplikasikan sistem operasi 10 S dengan chipset mobile Snapdragon, chipset buatan Qualcomm yang berarsitektur ARM, bukan x86 seperti chipset Intel dan AMD di laptop pada umumnya.

Oleh karena itu, berkat menggunakan chipset Snapdragon yang biasa digunakan pada smartphone, Qualcomm mengaku laptop Always Connected PC dapat selalu terhubung ke internet karena memiliki slot SIM Card atau e-SIM. Bukan hanya itu, baterainya pun bisa bertahan lama hingga 20 jam.

Dalam acara Computex 2017 yang berlangsung di Maui, Hawaii, hanya Asus NovaGo yang sudah diketahui spesifikasi lengkapnya, sedangkan pihak HP masih enggan membicarakan spesifikasi lengkap dari Envy x2. Yang diketahui hanyalah, Envy x2 memiliki desain tipis dan diklaim cukup tangguh, serta bisa hidup hingga 20 jam. Setidaknya itu menurut Kevin Frost, selaku VP and General Manager of Consumer Personal System HP.

Asus NovaGo
Asus NovaGo menjadi perangkat yang berhasil menarik perhatian pengunjung selama acara Computex 2017 berlangsung. Bagaimana tidak jika Asus NovaGo ialah PC LTE Gigabit pertama di dunia.

Artikel menarik:  Titan V, GPU PC Terkencang dari Nvidia Seharga Rp 40 Juta

Hal tersebut dikarenakan Asus NovaGo menjadi PC pertama yang didukung oleh chip Qualcomm Snapdragon 835, dimana chip ini membawa Gigabit LTE ke perangkat selain smartphone, berkat adanya modem Snapdragon X16. Pada dasarnya, Asus NovaGo ialah laptop hybrid 2 in 1, yang berarti dapat menjadi tablet saat engselnya dilepas.

Dalam spesifikasi lengkapnya, diketahui bahwa Asus NovaGo memiliki dimensi 316 x 221 x 149 mm dan bobotnya cukup berat yakni 1.39 kg. Selain itu, laptop ini mengusung layar seluas 13.3 inch beresolusi Full HD 1080p dan menjalankan sistem operasi Windows 10 S. Pengguna juga dapat mengupgrade ke Windows 10 Pro secara gratis sebelum tanggal 30 September 2018. Berkat menjalankan OS terbaru dari Microsoft, Asus NovaGo telah mendukung Windows Ink, Cortana, dan Windows Hello.

Untuk bagian dapur pacu, Asus NovaGo memiliki dua konfigurasi memori yaitu RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 8 GB + ROM 256 GB. Kedua varian ini sudah menggunakan UFS 2.0, sedangkan untuk konektivitasnya menggunakan SIM Nano dan e-SIM. Selain itu, Asus NovaGo memiliki jack audio 3.5 mm, port HDMI, rocker volume, dan tombol power di sisi kanan. Kemudian di sebelah kiri tersemat dua port USB dan colokan listrik DC. Bahkan Touchpad pada perangkat ini pun telah diintegrasikan sebagai sensor fingerprint.

Walaupun tidak disebutkan berapa kepastian kapasitas baterai yang dimiliki Asus NovaGo, namun Asus mengklaim jika perangkat ini mampu bertahan 22 jam dan standby hingga 30 hari. Sedangkan masalah harga, Asus NovaGo dibanderol Rp 8,1 jutaan untuk varian RAM 4 GB dan Rp 10 jutaan untuk RAM 8 GB.