Kumpulan Istilah Pada Layar Monitor

Ada banyak terminologi yang digunakan pada dunia monitor dan layar untuk menggambarkan sebuah ukuran dan keadaan. Terkadang, sebagai orang awam kita kerap tak memahami istilah-istilah tersebut secara detail. Maka dari itu, pada posting kali ini kita akan merangkum berbagai istilah pada monitor menjadi sebuah kamus. Pada beberapa istilah yang penting, kami akan memberikan penjelasan khusus.

Istilah Pada Layar Monitor

Berikut Istilah-Istilah Pada Monitor yang wajib Anda ketahui:

PIXEL : merupakan titik-titik yang bersinergi dalam monitor yang menghasilkan warna dan gambar. Format penulisan pixel adalah AxB, misalnya 1920×1080, dll. Pada kasus 1920×1080, dapat diketahui bahwa monitor tersebut memiliki jumlah pixel 1920 (kiri-kanan dalam 1 baris pixel) dan 1080 (atas-bawah dalam 1 kolom pixel).

Jika dikalikan, maka total ada 2 juta pixel lebih di monitor tersebut. 1 PIXEL sendiri terdiri dari 3 sub-pixel (merah,hijau dan biru). Pada layar berteknologi QUATRON ada tambahan sub-pixel berwarna KUNING.

ASPECT RATIO : istilah ini menggambarkan ratio perbandingan layar monitor. Formatnya adala : (4:3, 16:9, 16:10, dll).

INCH atau ” atau INCI : istilah ini paling umum digunakan untuk menerangkan ukuran sebuah monitor atau televisi. INCH sendiri dipakai untuk menerangkan lebar layar secara diagonal (kiri bawah-kanan atas). Beberapa ukuran INCH yang umum : 14″, 17″, 21″, 27″, 37″, 42″, dst.

Artikel menarik:  Apa itu NIC?

CONTRAST RATIO : ratio yang dipakai untuk mengukur kemampuan monitor dalam menghasilkan titik putih terang dengan titik hitam gelap. Biasanya ditulis dengan format ; 5000000:1, 10000:1, 10M:1, dll. Semakin besar CONTRAST RATIO, biasanya akan semakin baik pula tampilan layar.

RESPONSE TIME : indikator yang dipakai untuk mengukur waktu yang dibutuhkan suatu PIXEL atas status on-offnya terhadap suatu kondisi (misalnya berubah dari warna A ke B, dll). Satuan yang umum digunakan adalah ms (mili second, contoh : 2ms, 5ms, dll). Semakin kecil nilai response time, makin baik respon monitor.

VIEWING ANGLE : menggambarkan besaran sudut yang dicantumkan untuk menerangkan sampai sudut maksimal berapa monitor masih bisa terlihat gambarnya. Biasanya 160-170°(derajat). Viewing Angle yang cukup baik terdapat pada IPS PANEL yang diklaim minimal bisa mencapai 176°.

COLOR GAMUT/GAMUT LEVEL : istilah untuk menerangkan kemampuan monitor dalam menampilkan LEVEL WARNA/Jangkauan Warna. Contoh 68%,75%, 0.62, dll. Semakin besar angkanya, makin besar juga LEVEL WARNA yang bisa ditampilkan.

Semoga bermanfaat!