Blogging

Keuntungan Endorsement dalam Pemasaran Online

Kata endorse atau endorsement mungkin tidak terdengar asing lagi ditelinga Sobat Gaptex, terlebih lagi jika Anda berurusan dengan online shop ataupun belanja di internet. Istilah ini memang sering digunakan dalam asuransi, bisnis, dan pemasaran. Definisi endorse yang akan dibahas ini ialah hubungannya dengan pemasaran, terutama pemasaran online. Selain pengertian endorse, kita juga akan mengulas keuntungan endorsement dalam pemasaran online yang mungkin saja bisa bermanfaat buat Sobat sekalian.

Endorsement berkaitan erat dengan dunia pemasaran, dimana banyak masyarakat yang mengatakan bahwa pemasaran sebuah produk di internet dengan cara endorsement dari publik figur akan memberikan hasil yang luar biasa dari penjualan produk tersebut. Bagi Sobat yang aktif menggunakan sosial media seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, pasti sering menemukan kata endorse. Bahkan saat ini, telah banyak artis di Instagram yang dibayar mahal demi mengendorsekan suatu produk. Lantas apa sebenarnya pengertian endorse tersebut?

Pengertian Endorse
Dalam pemasaran online, endorsement atau endorse adalah dukungan atau saran yang diberikan pada produk atau layanan dimana dukungan tersebut dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau tokoh masyarakat, seperti artis.

Endorse juga sering disebut sebagai jenis iklan tertentu yang mengandalkan selebriti atau seorang profesional untuk mengatakan hal baik tentang produk atau jasa. Dari pemilik produk atau brand akan diuntungkan karena menggunakan nama orang terkenal untuk mempromosikan produknya.

Jika orang yang terkenal memberikan dukungan positif untuk sebuah produk, maka akan membuat lebih banyak orang untuk membeli produk yang dimaksud karena mereka mempercayai selebriti tersebut. Atau setidaknya itu akan membuat brand produk menjadi lebih terkenal dari sebelumnya.

Di Indonesia, endorse bukan lagi hal yang baru. Banyak pemilik toko online memanfaatkan ketenaran seorang artis untuk mempromosikan produk atau brand mereka dengan cara endorse. Jika Anda cukup memperhatikan, praktik promosi semacam ini sangat mudah ditemukan di media sosial, khususnya Instagram.

Jumlah pengikut artis di media sosial dapat menjadi penentu kesuksesan sebuah promosi dengan cara endorse. Semakin banyak jumlah pengikut, maka semakin besar kemungkinan endorse berhasil, dengan catatan para pengikutnya adalah akun sebenarnya dan bukan akun palsu.

Keuntungan Endorsement dalam Pemasaran Online
Setelah Sobat mengerti apa itu endorse, maka sekarang kita akan membahas beberapa kelebihan utama dari cara promosi tersebut. Berikut ini adalah keuntungan promosi melalui endorsement.

1. Aktivitas Promosi yang Sangat Efektif
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tokoh masyarakat atau orang terkenal biasanya memiliki pengikut yang selalu memperhatikan aktivitas mereka. Tidak hanya aktivitas menurut profesi saja yang dilihat, namun hal-hal yang bersifat personal juga diunggah ke media sosial untuk menjadi konsumsi publik.

Setiap kali artis memposting sesuatu ke akun media sosialnya, seperti Instagram, sudah pasti postingan tersebut akan terlihat oleh pengikutnya. Dan saat mempromosikan produk tertentu, dipastikan produk yang dipromosikan olehnya akan terkenal.

Akun Instagram dari pemilik produk biasanya akan ikut terkenal karena masing-masing si endorse akan menandai akun penjual Instagram dan juga hashtag yang terkait dengan produk tersebut.

2. Hemat Biaya Pemasaran
Bukan hanya efektif, tapi endorse juga bisa membuat proses pemasaran menjadi lebih efisien. Kata hemat di sini bukan hanya tentang jumlah uang yang Anda belanjakan, namun lebih kepada dampak pemasaran. Bayangkan berapa banyak uang yang akan dikeluarkan saat melakukan promosi melalui iklan di televisi atau beriklan di radio.

Promosi dengan cara endorse, Anda hanya perlu mengirimkan produk ke artis dan mentransfer biaya endorse sesuai tarif yang ditentukan. Namun, tentunya kita juga harus pintar memilih artis yang akan mempromosikan produk yang dipasarkan. Misalnya produk Anda adalah produk kecantikan, maka akan sangat tepat bila dipromosikan oleh artis yang berparas cantik. Atau misalnya Anda menjual produk untuk bayi, lalu pilihlah artis yang sering memposting aktivitas dengan bayinya.

3. Meningkatkan Jumlah Pengikut dan Followers
Tokoh masyarakat pasti punya banyak penggemar yang mengikuti gaya dan juga menggunakan produk yang digunakan oleh mereka. Bila artis memposting produk kecantikan yang dia gunakan, sudah pasti banyak pengikutnya yang juga ingin menggunakan produk tersebut sehingga membuat penjualan produk akan laku keras seperti kacang goreng.

Jadi, tidak heran mengapa ada begitu banyak online shop yang menggunakan layanan endorse dari selebriti karena terbukti dapat meningkatkan penjualan produk yang dipromosikan. Selain itu, akun media sosial dari toko online akan dibanjiri pengikut dan memiliki calon pelanggan tetap.

4. Meningkatkan Kredibilitas
Kerja sama endorse bukan hanya sekedar untuk menghasilkan keuntungan finansial saja, melainkan juga untuk meningkatkan brand awareness produk. Saat ini memang banyak sekali brand-brand besar yang melakukan ini supaya lebih dikenal dan dipercaya oleh calon konsumen.

Namun, jika Anda ingin melakukan endorse demi bisnis, sebaiknya jangan terlalu gegabah dan asal mencari orang. Anda perlu teliti siapa orang tersebut dan bagaimana media onlinenya supaya kerja sama endorse tidak sia-sia.