Keunggulan iPhone SE Dibandingkan Dengan iPhone 5S

Setiap kali Apple menyingkap model iPhone terbaru mereka, kegemparan dan kehebohan dunia indusri gadget pasti bakal selalu melonjak. Rumor mengenai kedatangan generasi ke-7 iPhone sudah lama menyebar, dan para fans memprediksi bahwa iPhone 7 akan hadir di bulan September 2016 mendatang. Akan tetapi, sebelum meluncurkan produk yang amat diantisipasikan tersebut, ternyata Apple mengejutkan konsumen dengan merilis varian iPhone yang lebih kecil, yang dinamai dengan iPhone Special Edition alias iPhone SE.

Keunggulan iPhone SE Dibandingkan Dengan iPhone 5S

Beberapa orang menyebutnya iPhone 5SE dikarenakan produk ini cukup menyerupai iPhone 5S. Meski iPhone SE, dalam banyak hal, merupakan upgrade dari iPhone 5S, ada banyak pihak yang memperdebatkan seberapa baik iPhone SE ini dan apakah kita perlu melakukan upgrade dari iPhone 5S kita ke iPhone SE. Memang, sampai sekarang, iPhone SE belum masuk dan dipasarkan di Indonesia. Sembari menunggu kedatangan iPhone SE ke Tanah Air, mari kita lihat apa saja kelebihan iPhone SE dibandingkan dengan iPhone 5S dan apakah model iPhone terbaru itu cukup bernilai.

Tampilan Layar
Rupanya, ukuran dan tampilan layar iPhone SE masih sama persis dengan iPhone 5S. Ukuran diagonal 4 inci yang ia miliki membuat iPhone SE berukuran jauh lebih mungil dari kebanyakan produk rival mereka di pasaran. Bahkan iPhone 6S memiliki layar yang lebih besar. Meski berukuran layar relatif kecil, justru iPhone SE amat disukai berbagai kalangan pengguna. Sebab, orang-orang yang memiliki ukuran telapak tangan kecil hingga sedang tentu menginginkan perangkat mobile yang bisa digunakan dengan mudah cukup dengan satu tangan. iPhone SE dipersenjatai dengan resolusi layar yang sama dengan iPhone 5S, yakni 1136 x 640 piksel, dengan teknologi layar LED-backlit IPS LCD touchscreen. iPhone SE terbilang cukup ringan di tangan, sehingga nyaman dipergunakan dalam satu genggaman tangan.

Desain
Jika iPhone 5S dan iPhone SE ditaruh bersebelahan dan Anda hanya melihat sisi belakangnya saja, Anda pasti kesulitan membedakan antara keduanya. Penampilan iPhone SE memang nyaris sama persis dengan iPhone 5S, dengan bodi metal dan desain tepi yang serupa. Hanya saja, iPhone SE tampil dengan corak warna yang agak berbeda dari iPhone 5S.

Kamera
Kita semua tahu bahwa model-model iPhone pasti memiliki kekuatan kamera yang amat powerful. iPhone 5S pun tidak menjadi pengecualian. Ketika pertama kali dirilis, sensor kamera 8 MP yang mendukung rekaman video beresolusi Full HD miliknya cukup memuaskan para pengguna. Namun, iPhone SE dengan mudah mengalahkan iPhone 5S berkat sokongan kamera utama 12 MP yang bisa merekam video 4K. Yup, iPhone SE sudah mendukung resolusi video 4K! Sayang sekali kamera depan iPhone SE tidak mengalami peningkatan yang serupa, masih berkekuatan 1.2 MP.

Baca Juga :  Betulan iPhone 6 Plus Mudah Melengkung?

Spesifikasi dan Hardware
iPhone SE boleh tampil mirip dengan iPhone 5S, tapi Anda harus tahu bahwa jeroan di dalamnya sudah berubah drastis! Dari prosesor A7 dan M7, Apple mengganti dapur pacunya dengan CPU A9 dan M9 yang jauh lebih bertenaga. iPhone 5S hanya punya RAM sebesar 1 GB, sementara iPhone SE diperkuat dengan RAM sebesar dua kali lipat. Secara umum, performa iPhone SE secara signifikan memang jauh lebih baik ketimbang iPhone 5S. Akan tetapi, ruang penyimpanan kedua produk masih sama.

Daya Tahan Baterai
Ketahanan baterai iPhone 5S sama sekali tidak mengesankan dengan kapasitas yang hanya 1510 mAh. iPhone SE diberikan baterai yang berkapasitas sedikit lebih besar, yakni 1715 mAh. Meski peningkatan kapasitasnya tampak tidak seberapa, ternyata cukup berdampak terhadap daya tahan baterai iPhone SE. Dengan efisiensi penggunaan energi yang lebih baik, iPhone SE bisa bertahan lebih lama daripada iPhone 5S.

Software
Baik iPhone 5S dan iPhone SE menjalankan sistem operasi yang sama, yakni iOS 9.3. Satu hal yang baik dari Apple adalah, tidak seperti Android, mereka selalu memberikan kemudahan pembaruan software untuk perangkat-perangkat model lama. So, baik iPhone 5S maupun iPhone SE bakal sama-sama bisa menjalankan versi iOS terbaru. Namun, iPhone SE berada di posisi yang sedikit lebih baik, karena ia telah hadir lengkap dengan layanan Apple Pay. Juga, sebagai model yang lebih baru, iPhone SE bakal bisa menerima dukungan yang lebih berkepanjangan untuk waktu ke depan.

Harga
Inilah aspek dimana Apple agak menyimpang dari tren. Meski produk-produk Apple selalu laku keras, harga-harga yang ditawarkan tidaklah murah. Namun, Apple agaknya hendak menyaingi dominasi Android di pasar smartphone kelas menengah ke bawah dengan iPhone SE. Di kisaran US$399, iPhone SE dibanderol amat terjangkau, bahkan di bawah harga rilis iPhone 5S!

Kesimpulan
Seperti yang bisa Anda lihat, iPhone SE merupakan peningkatan di sana-sini dari iPhone 5S. Dengan performa dan daya tahan baterai yang jauh lebih baik, kamera berkualitas top, serta dukungan software yang lebih lengkap, iPhone SE bisa menjadi pilihan upgrade yang baik dari iPhone 5S. Juga, jika Anda baru sebatas berencana memiliki perangkat iPhone, iPhone SE bisa menjadi opsi yang terjangkau namun memuaskan.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part