Ketika Layar Sony Xperia Terlalu Sensitif

Hampir seluruh varian Sony Xperia seri Z, dari yang low-end hingga high-end dilaporkan memiliki masalah pada layar touchscreennya. Problem yang terjadi adalah layar yang terlalu sensitif (over responsive) sehingga kerap menekan sendiri tombol-tombol yang tidak diinginkan ketika sedang digunakan.

Ketika Layar Sony Xperia Terlalu Sensitif

Tak hanya pada kasus ekstrim, bahkan keringat pada jari tangan yang pada umumnya terjadi bisa membuat layar menjadi eror. Masalah ini sangat menganggu para pengguna smartphone Sony yang telah mengeluarkan kocek lebih untuk mendapatkan sebuah unit Sony yang terbilang ekslusif dan cukup mahal jika dibandingkan brand lain.

Sebenarnya, beberapa laporan pengguna akan kondisi layar yang over sensitive sudah dilaporkan sejak lama. Tapi entah mengapa Sony sendiri seakan tak menggubrisnya.

Nah, jika Anda salah satu pengguna Sony yang merasakan dampak buruk layar terlalu sensitif, ada 2 cara yang dapat Anda tempuh untuk mengatasinya. Berikut penjelasannya :

Cara 1
Cara ini terbilang paling mudah dan sederhana. Anda hanya perlu memasang lapis antigores pada layar Sony yang Anda miliki. Pilihlah antigores yang antiglare sehingga cukup tebal untuk mengurangi sensitifitas layar sentuhnya. Silahkan cek antigores Sony secara online disini.

Cara 2
Langkah ini membutuhkan rooting. Tanpa root, perangkat tak bisa menjalankannya. Lakukan rooting pada Sony Anda. Jika sudah, ikuti langkah berikut :

Baca Juga :  Cara Mudah Mempercepat Booting Komputer

– Gunakan program File Explorer Utility atau sejenisnya. Silahkan download app ini di Play Store jika Anda belum memilikinya.
– Pada app, pilih System > Usr > Idc dan cari file bernama “max1187x_touchscreen_0.idc”
– Buka file pada text editor dan cari baris berisi perintah “Touch Filter”
– Pada kode tersebut, Anda akan melihat touch.filter.level = 2′. Ubahlah angka 2 tersebut ke angka yang lebih besar. Semakin besar, maka sensitifitas layar akan semakin berkurang. Angka ideal yang dilaporkan adalah 5.
– Simpan file dan restart perangkat.
– Terkadang Anda perlu melakukan restart lebih dari 1x untuk merasakan perubahan pada tingkat responsif di layar.

Nah, sekarang seharusnya layar Sony Anda sudah bebas dari masalah. Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part