Seputar Tekno

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition

Software editing audio bukanlah hal asing bagi Sobat Gaptex, bahkan saat ini banyak masyarakat Indonesia yang sering bersinggungan langsung dengan audio visual. Salah satu pengolah audio profesional yang banyak digunakan oleh profesional ialah Adobe Audition. Ya, software ini menjadi keluarga besar Adobe, perusahaan yang menaungi banyak software lainnya seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, dan lainnya. Sementara itu, kali ini kami akan mengajak Anda untuk ketahui kelebihan dan kekurangan Adobe Audition.

Mengenal Adobe Audition
Adobe Audition (sebelumnya Cool Edit Pro) adalah workstation audio digital dari Adobe Systems yang menampilkan lingkungan campuran dan edit multitrack, non-destruktif dan tampilan pengeditan bentuk gelombang destruktif.

Asal usul Adobe Audition berawal dari Syntrillium Software didirikan pada awal 1990an oleh Robert Ellison dan David Johnston, keduanya adalah mantan karyawan Microsoft. Pada awal dikembangkannya bernama Cool Edit, program ini didistribusikan sebagai crippleware untuk komputer Windows. Versi lengkap itu berguna dan fleksibel, terutama untuk masanya. Syntrillium kemudian merilis Cool Edit Pro, yang menambahkan kemampuan untuk bekerja dengan banyak track, begitu pula fitur lainnya. Pemrosesan audio, bagaimanapun, dilakukan secara destruktif, dimana pada saat itu, kebanyakan komputer tidak cukup kuat dalam hal kinerja prosesor dan kapasitas memori untuk melakukan operasi yang tidak merusak secara real time. Cool Edit Pro v2 pun memberikan dukungan untuk pemrosesan nondestruktif real-time, dan v2.1 menambahkan dukungan untuk pencampuran suara surround dan trek simultan tak terbatas (sampai batas yang ditentukan oleh perangkat keras komputer yang sebenarnya). Cool Edit juga menyertakan plugin seperti pengurangan kebisingan dan pemerataan FFT.

Perusahaan Adobe kemudian mengakuisisi Cool Edit Pro dari Syntrillium Software pada bulan Mei 2003 seharga $ 16,5 juta serta sebuah perpustakaan loop besar yang disebut “Loopology”. Adobe kemudian mengganti nama Cool Edit Pro menjadi “Adobe Audition”.

Versi Terbaru Adobe Audition
Adobe Audition versi 11 dirilis pada 18 Oktober 2017 dengan nama Adobe Audition CC. Dengan rilis ini, pengguna dapat dengan mudah membaca volume musik di belakang dialog dan jenis konten lainnya dengan fitur Auto-Ducking baru yang tersedia di panel Essential Sound. Klip multitrack ditingkatkan dengan fixed z-order, fitur pudar baru seperti simetris memudar in/out dan penyesuaian durasi/kurva tetap. Kinerja mixdown dan bouncing meningkat hingga 400%. Pemantauan cerdas memberikan pemantauan sumber cerdas saat merekam punch-ins dan ADR. Hamparan timeline video dapat menampilkan sumber atau sesi timecode tanpa burn-in, efek Dynamics baru dengan auto-gate, limiting, dan expansion menyederhanakan kompresi bagi banyak pengguna, dan mendukung permukaan kontrol dan mixer yang menggunakan protokol Mackie HUI untuk putaran komunikasi. pelepasan Dukungan Dolby Digital telah dihapus dari rilis ini, meskipun impor terus didukung melalui sistem operasi terbaru.

Kelebihan Adobe Audition:
1. Tampilan Layar Pengguna
Awalnya, antarmuka Adobe Audition tidak seperti sekarang ini. Dengan tampilan yang terkesan kaku, dan cukup rumit untuk membuat kebanyakan orang saat itu belum memilih untuk menggunakan software ini. Namun, dengan dirilisnya tampilan layar dari Adobe Audition yang terbaru, pengguna menjadi ramah pengguna dan di Adobe Audition Creative Cloud tampilan layar perangkat lunak ini hadir dengan lebih intuitif dan mudah disesuaikan.

Salah satu hal yang membuat tampilan antarmuka menarik dari Adobe Audition adalah kemampuannya untuk mengubah layout tampilan layar sesuai dengan versi sebelumnya atau versi terbaru.

2. Kinerja
Adobe Audition adalah salah satu perangkat lunak pengeditan audio profesional yang memungkinkan Anda merekam lebih banyak sumber audio secara bersamaan. Perlu diingat bahwa tidak banyak software audio profesional yang bisa melakukan ini. Dalam versi Adobe Creative Cloud, perangkat lunak ini telah meningkat dalam kinerja di mana terjadi peningkatan pemrosesan audio, tampilan yang lebih responsif, dan alur kerja yang jauh lebih baik. Dengan performa bagus tentunya ini kabar baik untuk fungsi soundcard.

Perangkat lunak ini juga memiliki mixer digital penuh yang dapat membantu Anda mengelola tingkat, dan parameter lain dari berbagai track audio secara bersamaan. Karakteristik ini merupakan karakteristik DAW (Digital Audio Workstation) yang membuat Adobe Audition sangat berguna dalam pengolahan audio.

3. Kemampuan Restorasi Audio
Salah satu kemampuan yang paling menarik dari program Adobe Audition merupakan software ini memungkinkan Anda memperbaiki track audio yang memiliki suara kurang jernih. Seperti bunyi di rekaman musik. Dengan menggunakan software ini, Anda bisa menghapus suara musik yang kurang jelas yang Anda inginkan.

4. Efek Suara yang Berbeda dan Keberadaan Pengolahan Batch
Adobe Audition memungkinkan Anda untuk menciptakan berbagai efek suara. Efek suara yang dimaksud adalah efek slowing sound, voice reversal, distorsi, dan masih banyak lagi. Semua efek suara ini bisa diterapkan pada audio termasuk beberapa pengaturan yang memudahkan Anda mendapatkan suara yang diinginkan. Anda juga bisa menggunakan software ini untuk menggabungkan berbagai efek suara bersama-sama. Ini adalah karakteristik kinerja yang sering ditemukan pada perangkat lunak yang memiliki DAW. Jika Anda memiliki banyak file audio yang ingin Anda proses, Anda juga bisa melakukan pemrosesan batch yang tentunya merupakan nilai tambah bagi kinerja Adobe Audition.

5. Rekam Jejak yang Baik
Adobe Audition memiliki track record yang bagus dalam hal kemampuan pemrosesan audio. Dengan seringnya update tentunya, kita bisa menemukan fitur yang lebih menarik di masa depan. Keunggulan inilah yang menjadikan Adobe Audition salah satu perangkat lunak pengolah audio yang banyak digunakan oleh banyak orang. Penggunaan Adobe Audition juga tak lepas dari software editing video termasuk software gratis untuk video editing.

Kekurangan Adobe Audition:
Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh Adobe Audition, software ini juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak bisa dipungkiri. Inilah kekurangan Adobe Audition:
– Tidak tersedianya fasilitas preview file audio saat menjalankan perintah Open File.
– Tidak tersedianya fasilitas rewire untuk perangkat lunak pemrosesan audio atau alat tambahan (plugin) yang dapat membantu membuat koneksi dengan program lain yang ada.
– Adobe adalah perusahaan pertama yang menerapkan sistem kerja berlangganan berbasis awan untuk penggunanya. Sayangnya, implementasi ini belum memuaskan sepenuhnya bagi penggunanya.