Berita

Kerv Smart Ring, Cincin Pintar Untuk Pembayaran Lebih Praktis

Zaman teknologi mulai berkembang setiap saat dan tidak bisa dipungkiri kita sebagai masyarakat dunia harus mengikuti perkembangannya. Kali ini inovasi terbaru hadir di dunia teknologi yang mengusung bentuk cincin pintar pertama kalinya dengan sistem Near Field Communication (NFC) yang lebih eye catching, mungil dan sangat praktis sebagai alat pembayaran sehari-hari. Cincin tersebut diberi nama Kerv Smart Ring yang dirancang secara khusus untuk membantu para penggunanya dalam transaksi pembayaran non-tunai.

Kerv Smart Ring, Cincin Pintar Untuk Pembayaran Lebih Praktis

Walaupun masih dijual secara eksklusif di United Kingdom dengan harga sekitar $120 atau Rp 1,6 juta, Kerv memiliki potensi besar untuk segera mengembangkan sayapnya di dunia teknologi. Melalui kerja sama dengan MasterCard, Kerv mempunyai bermacam-macam kelebihan dalam pembayaran non-tunai seperti di cafe, restoran, supermarket yang bersedia menerima contacless payment. Bahkan cincin ini bisa membayar angkutan umum di London. Selain itu, pengguna bisa mengendalikan perangkat lainnya dengan NFC seperti pintu otomatis atau mengirim file ke smartphone teman.

Kerv Smart Ring memiliki desain yang kuat, anti rusak dan tahan air dengan pilihan 14 kombinasi warna yang cantik dan menarik. Dengan bantuan teknologi NFC, pengguna tidak perlu repot lagi mengisi baterai pada cincin pintar ini. Sebenarnya, sistem NFC Ring telah lama dibuat dan dipasarkan sebagai alat pembayaran untuk para atlit Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Bedanya, NFC Ring tersebut bekerja sama dengan Visa yang masih membutuhkan koneksi dengan smartphone Android.

Artikel menarik:  Ini Dia 40 Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 9

Oleh karena itulah, NFC Ring menuduh Kerv menggunakan teknologinya untuk membuat cincin pintar lainnya yang kemudian bekerja sama dengan MasterCard. Tetapi dari pihak Kerv sendiri tentunya langsung membantah sebab mereka sudah mengklaim Smart Ring buatan Kerv lebih maju dan bisa berjalan tanpa pairing dan PIN.

Masalah tersebut masih berlanjut karena klaim orisinalitas teknologi tersebut harus bisa dibuktikan lewat penjualan diluar Inggris. NFC Ring menantang Kerv untuk menjual produknya di US. Jika mereka masih belum punya rencana untuk menjualnya diluar Inggris, maka Kerv mesti mengakui bahwa Smart Ring adalah metode pembayaran pertama milik NFC Ring. Persaingan antara NFC Ring dan Kerv terus memanas demi mempertahankan teknologi ini, namun siapa kira-kira yang terus maju dan bisa sampai ke Indonesia? Kita tunggu saja.