Kenalkan Essential, Smartphone Besutan Bapak Android

Sudah terdengar cukup lama jika Andy Rubin sedang mempersiapkan ponsel anyar buatannya. Berbagai bocoran dan spesifikasi smartphone high-end Bapak Android tersebut telah muncul dipermukaan. Kini, akhirnya ponsel misterius itu dikenalkan juga ke publik dengan nama Essential. Lantas seperti apa bentuk dan berapa harganya?

Kenalkan Essential, Smartphone Besutan Bapak Android

Essential merupakan sebuah ponsel pintar berbasis Android yang akan dibanderol dengan harga USD 699 atau sekitar Rp 9,3 jutaan. Dengan harga setinggi itu, maka tidak heran lagi jika Essential akan memiliki spesifikasi yang sangat tinggi dan mumpuni.

Dilihat dari segi tampilan fisiknya, Essential dirancang dengan layar edge-to-edge seperti yang digunakan oleh Xiaomi Mi Mix, Samsung Galaxy S8, dan LG G6. Walaupun pada bagian bawahnya terdapat bezel yang cukup tebal, namun uniknya layar Essential didesain mengelilingi kamera depan yang terletak di bagian tengah atas.

Bicara mengenai spesifikasinya, smartphone flagship Essential tersebut didukung dengan chipset Snapdragon 835, RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Apabila diperhatikan dari gaya desainnya yang minimalis, kemungkinan besar sistem operasinya akan tampil polos tanpa tambahan software yang akan memperberat performa.

Saking polosnya, tidak terpampang logo atau tulisan apapun di sekitaran bodi Essential, bukan seperti vendor smartphone lainnya. Bodi ponsel ini pun kombinasi dari titanium dan keramik sehingga membuatnya dapat tahan dari drop test, tidak seperti ponsel lain yang berbodi aluminium.

Artikel berhubungan:  HTC U11 Rilis, Apa Saja Kelebihannya?

Essential tidak sekedar smartpone flagship saja, melainkan perusahaan milik Bapak Android itu telah berencana untuk membuat suatu ekosistem aksesoris untuk Essential. Sistem ekosistem ini hampir sama dengan MotoMod milik Moto, Lenovo, yang memakai konektor magnet, tetapi memanfaatkan transfer data secara wireless. Untuk sekarang, baru ada kamera 360 derajat yang tersemat pada bagian atas Essential, juga sebuah docking untuk mengisi baterai. Pengguna juga bisa melakukannya melalui port USB-C.

Beralih ke kamera, Essential mengusung sistem dual kamera seperti pada Huawei P9 da P10 yakni dua buah kamera 13 MP untuk menjepret foto berwarna dan monokrom. Sedangkan kamera depannya telah ada 8 MP yang dapat merekam video 4K.