Berita

Kenali Teknologi 3D Touch Pada Smartphone

Teknologi smartphone terus berkembang pesat setiap tahunnya. Setelah terkenalnya fitur fingerprint sensor yang kini rata-rata ada di smartphone Android maupun iPhone, kini hadir fitur baru yang dikenal dengan nama 3D Touch.

Kenali Teknologi 3D Touch Pada Smartphone

Perusahaan Apple yang lebih dulu memperkenalkan fitur canggih ini dengan merilis iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Namun tidak sedikit pula smartphone Android juga membekali ponsel mereka dengan 3D Touch seperti Huawei Mate S dan Meizu Pro 6.
Secara sederhana, 3D Touch adalah teknologi berbasis sentuhan pada smartphone yang terdapat pada layar beranda, untuk memberikan akses cepat terhadap fungsi yang paling sering Anda buka.

Penopang 3D Touch merupakan sensor kapasitif yang terintergrasi dibalik layar retina HD ponsel yang mampu mengukur tekanan jari pengguna. Sensor ini bekerja dengan Taptic Engine yang akan memberikan umpan balik secara real time.

Teknologi ini menawarkan cara baru berinteraksi. Pada ponsel iPhone, pengguna merasakan berapa banyak tekanan yang dilakukan pada permukaan layar. Nantinya bukan hanya tab, swipe dan pich tapi ada fungsi baru yaitu Peek dan Pop. “3D Touch adalah terobosan yang luar biasa,” kata Phill Schiller, Senior VP Worldwide Marketing Apple.

Artikel menarik:  WhatsApp Business Resmi Tersedia di Indonesia

Kedua fungsi baru tersebut membuat pengguna dapat melihat pratinjau semua jenis konten. Bahkan dapat melakukan tindakan di atasnya tanpa harus membuka terlebih dahulu. Misalnya ketika menekan aplikasi email, maka isi email bisa di baca dalam bentuk pop-up ketika pengguna menekannya cukup lama.

Fitur 3d Touch juga dapat melakukan suatu aksi tanpa harus membuka aplikasi. Caranya ialah tekan sedikit lebih lama lalu akan muncul menu pop-up kecil yang menampilkan sejumlah fungsi pada suatu aplikasi. Misal saat Anda ingin menekan Camera, akan tersedia menu Take Selfie, Record Videp, Record Slo-mo dan Take Photo. Alhasil pengoperasian smartphone terasa lebih mudah.