Seputar Tekno

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Prosesor Quad Core

Quad Core adalah salah satu dari berbagai prosesor Intel yang memiliki berbagai keunggulan dalam hal kecepatan dan kualitas serta kisaran harga yang menarik, namun juga berapa banyak fitur di dalamnya, seperti multithread, hyperthreading, kemampuan grafis 2D/3D/video yang lebih halus dan bagus. Selain itu, masih banyak lagi keunggulan dari prosesor ini dan ada pula sedikit kekurangannya yang perlu Sobat Gaptex ketahui. Oleh karena itu, mari kenali kelebihan dan kekurangan prosesor Quad Core sebagai berikut.

Sekilas tentang Prosesor Quad Core
Prosesor Quad Core sudah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan industri komputasi berbasis desktop dan mobile. Meskipun prosesor berbasis Quad Core sendiri berada baik di perangkat komputasi berbasis desktop maupun mobile, namun masih ada perbedaan dalam prosesor laptop dan PC yang perlu kita pahami, termasuk perbedaan pada prosesor box dan tray. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access Versi Terbaru)

Perbedaan Quad Core dengan dual core itu sendiri dapat dilihat pada jumlah core atau inti, pada Quad Core, jumlah core yang terpasang berjumlah 4 unit yang terdapat pada chip prosesor, yang berguna dalam melakukan proses baca dan tulis, eksekusi, melakukan instruksi dan operasi interrupts, dan masih banyak lagi. Kelebihan dan kekurangan dari Quad Core ini bisa dilihat pada spesifikasi yang ada di sistem. Masing-masing inti ini bertugas secara multitasking, dan mampu menjalankan beberapa proses secara simultan atau paralel.

Kelebihan Prosesor Quad Core
1. Mendukung Multithread
Keuntungan Quad Core pertama adalah proses multithreading yang membuat Quad Core mampu menjalankan banyak proses sekaligus. Teknologi Multithreading ini memungkinkan banyak aplikasi dan permainan berjalan dalam beberapa proses secara bersamaan, dan memberikan tampilan grafis yang berkualitas.

2. Rendering lebih baik
Jika poin di atas termasuk kualitas grafis, maka proses rendering itu sendiri adalah kemampuan pengolahan data grafis yang biasanya berupa konversi data RAW menjadi data yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Semakin baik kemampuan prosesor untuk membuat grafik, sudah pasti waktu prosesor untuk mengolah grafis RAW menjadi grafis yang akan jauh lebih cepat. Dan kabar baiknya, Quad Core memiliki kemampuan rendering grafis yang cukup bagus.

3. Kualitas grafis lebih baik
Dengan Quad Core, permainan atau grafis video menjadi lebih baik dalam hal kualitas dan tekstur. Hal ini disebabkan oleh kemampuan Quad Core untuk mengolah data dengan lebih baik, dan mampu mengoptimalkan serta menyinkronkan clock speed dan kerja sistem GPU yang terpasang pada sistem motherboard. Dalam segi ini sama untuk kebanyakan jenis motherboard yang mendukung prosesor Quad Core ini.

4. Lebih stabil dalam melakukan multitasking
Karena Quad Core sudah menjalankan 4 core sekaligus, bisa dipastikan kualitas yang disajikan sangat bagus. Quad Core mampu menjalankan banyak tugas sekaligus dengan stabil, dan mampu menjaga setiap proses agar tidak menjadi lag. Kelebihan dari Quad Core ini membuat banyak aplikasi yang berjalan bersamaan, bisa berjalan dengan stabil dan tidak macet atau menutup dengan sendirinya.

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

5. Orientasi yang bagus pada pemrosesan Graphics
Pengolahan grafis menjadi pilihan terbaik untuk prosesor ini, software sekelas GIMP, Blender, Adobe Photoshop, Adobe Premiere, dan berbagai software 3D lainnya yang bisa berjalan sangat baik pada prosesor ini. Berbekal optimasi GPU yang ditawarkan prosesor Quad Core, maka Sobat Gaptex yang bergelut di bidang grafis sangat cocok untuk menggunakan prosesor berbasis Quad Core ini.

6. Penanganan thumbnail dan gambar cache lebih baik
Quad Core juga memiliki kelebihan dalam menampilkan grafik Thumbnail, baik dalam aplikasi editing foto seperti photoshop, atau saat listing directory di Windows Explorer. Perangkat lunak imaging, seperti photoshop, bisa menampilkan banyak foto lebih cepat dari sistem single atau dual-core. Manfaat yang sama tidak hanya didapat dari PC desktop atau laptop, tapi juga perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.

Kelemahan Quad Core
1. Biaya cukup mahal
Untuk prosesor multithreading seperti Quad Core, memang memiliki biaya yang lumayan mahal. Biaya yang harus dikeluarkan setara dengan fungsi dan kualitas yang diberikan. Belum lagi dukungan kemampaun GPU yang bagus membuat harga yang pantas ditawarakan.

2. Masa pakai baterai lebih pendek
Bergantung pada pola pemakaian aplikasi, sistem prosesor Quad Core bisa menguras cukup baterai, membuat umur baterai lebih pendek. Mengingat kemampuan pengolahan data prosesor ini cukup rapat, sehingga kebutuhan daya atau tenaga yang digunakan prosesor Quad Core cukup besar. Alhasil kerja power supply laptop juga semakin tinggi. Sedangkan fungsi power supply pada laptop sama dengan fungsi power supply pada komputer.

3. Ketersediaan Dukungan Perangkat Lunak
Tidak semua perangkat lunak mampu bekerja optimal atau dalam artian mengoptimalkan fungsi dan kemampuan prosesor Quad Core ini. Vendor Software perlu melakukan algoritma pemrograman khusus agar bisa memanfaatkan kemampuan multithreading prosesor Quad Core agar bisa memaksimalkan empat core atau core yang diusung oleh prosesor tipe Quad Core ini.

4. Kurang powerful untuk memproses angka
Dibalik kelebihan Quad Core yakni dapat digunakan dengan baik untuk berbagai jenis perangkat lunak grafis, pengolahan grafis dan sebagainya. Tetapi, prosesor Quad Core kurang bertenaga jika menyangkut pemrosesan numerik, mengingat kemampuan pengoptimalan GPU yang lebih optimal daripada ALU (Arithmatic Logic Unit).

5. Kompatibilitas Perangkat Keras
Prosesor multi-core sendiri kompatibel dengan beberapa motherboard, sehingga proses migrasi arsitektur tidak semudah CPU lama ke PC baru. Pembelian CPU Quad Core juga tidak hanya membutuhkan motherboard yang kompatibel, namun juga perangkat keras dan periferal lain yang selaras dengan prosesor Quad Core ini.