Kelebihan Windows 8 Dibandingkan Pendahulunya Windows 7

Windows 8, tentu saja memiliki kelebihan dibandingkan dengan Windows 7 dari segi angka. Tetapi akah hal yang sama juga berlaku dari sisi performa? Well, mari kita simak kelebihan Windows 8 sekaligus kekurangannya yang sudah dirilis hampir 1 tahun lalu pada posting kali ini secara komprehensif.

Asal Mula
Windows 8 secara resmi merupakan pembaharuan atau suksesor dari Windows 7 yang dahulu dirilis pada tahun 2009. Tak biasanya memang Windows melakukan update versi OS dalam jeda waktu yang singkat seperti itu, sebab Windows 8 pertama kali dirilis hanya berselang 3 tahun setelah itu, yaout pada tahun 2012. Disinyalir, munculnya Windows 8 yang tiba-tiba adalah sebagai upaya Microsoft untuk menandingi Android atau iOS yang sangat pesat kepopulerannya dalam masyarakat.

Start_RTM_3ROW2

Konsekuensinya dari ‘ketergesaan’ tersebut ada 2, yaitu dilematis dan kecenderungan Windows 8 yang lebih cocok untuk tablet dibandingkan PC.

Alasan dilematis karena pada saat yang sama, developer software pihak ketiga masih gencar-gencarnya membangun berbagai applikasi yang mendukung Windows 7 ketika Windows 8 tiba-tiba ‘nongol’. Akibatnya, beberapa jenis game terutama mini game tidak bisa dimainkan di Windows 8.

Sementara itu, dari sisi tampilan dan fitur yang diusung Windows 8, Microsoft seolah ingin menunjukkan peruntukkannya bagi tablet atau smartphone yang memiliki layar sentuh. Berbagai tombol ‘wajib’ pada OS Windows sebelumnya dihilangkan begitu saja, termasuk ‘start’ menu dan tombol close.

Artikel berhubungan:  Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook

Kelebihan Windows 8
Sebagai OS yang memiliki kecenderungan untuk dipakai pada tablet dan bukan PC atau laptop, Windows 8 memiliki ragam kelebihan dibandingkan Windows 7 yang cukup menarik, meliputi :
– Tampilan dan design keren dengan dominasi warna biru
– Lebih aman
– Lebih smooth
– Proses booting lebih cepat (hanya 8 detik)

Windows 8 Vs Windows 7
Untuk memperoleh ‘citarasa’ Windows yang selama ini dikenal pada penggunaan PC dan laptop, maka upgrade ke Windows 8 tidaklah disarankan. Penggunaan Windows 7 atau bahkan Vista dan XP masih terbilang lebih baik dan akrab untuk aktivitas komputasi rutin.

Sementara itu, jika kebutuhan yang ada berbeda, yaitu dari sisi kecepatan performa, penyegaran tampilan terutama pada gadget berlayar sentuh, maka Windows 8 merupakan salah satu alternatif yang cukup baik. Saat ini, perangkat yang paling baik menggunakan Windows 8 adalah tablet dan smartphone yang biasanya disebut sebagai Windows Phone.