Seputar Tekno

Kelebihan dan Kekurangan Wifi

Jaman sekarang ini tidak hanya kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan juga papan, namun terlepas dari itu semua ada satu kebutuhan pokok yang saat ini dijadikan kebutuhan pokok juga yakni Internet, apalagi khusus untuk mereka yang telah memiliki gadget. Pemakaian intenet  sudah sangat tidak terbatas, dimana saja segalanya sudah bisa menggunakan internet. Tidak dapat kita pungkiri bahwa internet telah menjadi peran yang sangat penting dan juga memberikan banyak perubahan dalam peradaban umat manusia.

Banyak orang umumnya telah memanfaatkan layanan jasa jaringan seluler dari beberapa provider. Namun banyak juga yang sudah beralih ke teknologi wifi. Namun apakah Anda tahu apa itu pengertian WiFi & cara kerja WiFi ? WiFi yang merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan pengembangan dari WLAN atau Wireless LAN atau disebut juga dengan jaringan komputer tanpa kabel.

Dalam pengertiannya WiFi bisa diartikan sebagai teknologi untuk jaringan area local nirkabel dengan perangkat berdasarkan standar IEEE 802.11. WiFi menggunakan teknologi radio pada WLAN, peyebaran gelombang dari WiFi tersebut akan disebarkan secara spectrum langsung atau dengan menggunakan Direct Sequence Spread Spectrum Radio Technology. Tidak hanya menggunakan teknologi radio, WiFi juga menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiplexing Radio Technology.

Jaringan WiFi hadir dengan berbagai macam manfaat layaknya perangkat teknologi, jaringan WiFi dapat menghubungkan berbagai perangkat ke dalam jaringannya tanpa memerlukan kabel sebagai penghubungnya.

Cara kerja WiFi sangat praktis dan simpel, adaptor maupun alat WLAN yang telah disetting menjadi WiFi penerima data dari computer berupa data yang berbentuk digital. Lalu selanjutnya, data dikonversi atau diubah menjadi gelombang radio dan dikirim ke router. Pengiriman gelombang melalui antena yang ada pada adaptor. Sinyal dari router ini mengirimkan data yang telah diolah tadi dari Internet menuju komputer yang sudah disambungkan pada WiFi adaptor.

Dari yang telah dijelaskan di atas tentang WiFi, di bawah ini kami merangkumkan bahwa WiFi ini pun memiliki kelebihan dan kekurangannya yang perlu Anda ketahui:

Kelebihan WiFi:

1. Instalasi yang praktis
Pada proses instalasinya yang bisa dibilang sangat praktis dan mudah. Karena Anda tidak perlu membeli alat dan bahan seperti yang dibutuhkan untuk instalasi jaringan kabel. Jaringan kabel membutuhkan banyak kabel UTP sebagai media transfernya belum lagi kabel yang dibutuhkan umumnya panjang dan akan membuat Anda kesulitan dalam merapikan dan menata kabel-kabel yang dibutuhkan. Tidak seperti jaringan berkabel, jaringan WiFi hanya perlu memasang hardware seperti Access Point ataupun MiFi (Mobile WiFi).

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

2. Bisa digunakan dimana saja tanpa ada batasan tempat
Umumnya sebagai pengguna, Anda perlu berpindah tempat dari satu tepat ke tempat lainnya. Menggunakan WiFi memiliki sedikit kebebasan dibandingkan menggunakan jaringan kabel yang mengharuskan sebuah host terpaku pada satu titik saja. Bahkan jaringan WiFi umumnya sering Anda temui di tempat-tempat yang ramai dikunjungi seperti kafe, tempat refreshing, hotel, dan lain-lain.

3. Jangkauan yang luas
Meskipun termasuk memiliki jangkauan yang luas, jaringan WiFi ini tetap memiliki batasan juga, tetapi selama tersambung dengan jaringan hotspotnya, tidak ada masalah.

4. Kompatibel hampir dengan berbagai jenis perangkat
Tidak hanya ponsel yang dapat tersambung dengan WiFi ini, karena perangkat lain misalnya laptop, yang secara umum juga kebanyakan sudah terdapat wireless network adapter di dalam setiap unitnya. Sehingga penggunaan WiFi ini sangat kompatibel untuk segala jenis perangkat.

5. Mudah connect hanya sekali klik
Tidak seperti jaringan kabel yang bisa dibayangkan ribetnya, Anda yang harus mencolok konektor ke port Anda lalu memasukkan setting secara manual. Dengan menggunakan WiFi Anda hanya perlu sekali klik sudah bisa langsung terhubung dengan jaringan internetnya.

Kekurangan WiFi
1. Keamanan yang kurang
Jaringan WiFi yang bersifat public dapat dimasuki oleh siapa saja, dan bahayanya bisa dimasuki oleh pengguna yang memiliki kepentingan negatif. Berbeda dengan jaringan kabel yang terlindungi jaringannya dengan koneksi khusus menggunakan kabel. Meskipun jaringan WiFi dapat diperkuat dengan password yang dipasang, tetapi tidak menutup kemungkinan ada orang yang tidak bertanggung jawab yang membocorkan passwordnya.

2. Kelemahan mentransfer data yang besar
Menggunakan WiFi tidak cocok untuk digunakan dalam mentransfer data yang berukuran besar. Berbeda dengan jaringan kabel yang dapat menyupport data besar dengan menggunakan kecepatan yang besar pula.

3. Kekuatan sinyal bergantung dengan kondisi cuaca
Jaringan WiFi sangat bergantung pada kondisi cuaca. Jaringan WiFi yang memanfaatkan udara sebagai penghantarnya, sehingga apabila cuaca dalam keadaan buruk, maka hal ini dapat mengganggu proses transmisi data pada jaringan WiFi tersebut, yang Anda alami berupa sinyal yang tidak stabil dan lain sebagainya.