Berita

Kejutan! Android N Developer Preview Telah Dirilis!

Sudah menjadi semacam adat kebiasaan bagi Google untuk mengumumkan versi terbaru sistem operasi Android mereka di Google I/O, sebuah konferensi tahunan untuk para developer seluruh dunia. Tahun ini, Google I/O baru akan dilaksanakan tanggal 18 – 20 Mei 2016, tapi lupakan Google I/O – Android N Developer Preview sudah dirilis! Ia tersedia untuk perangkat Nexus 6, Nexus 6P, Nexus 5X, Pixel C, Nexus 9, serta Nexus Player.

Kejutan! Android N Developer Preview Telah Dirilis!

Android N Developer Preview merupakan semacam versi tester untuk sistem operasi Android N yang sebenarnya, terutama ditujukan bagi para pengembang software. Seperti edisi-edisi Developer Preview yang lalu, Android N Developer Preview tidak memuat keseluruhan fitur yang akan diusung, melainkan hanya bagian-bagian tertentu saja.

Google tampak cukup berhati-hati dalam pengembagan sistem operasi Android N ini. Google mengatakan, mereka begitu cepat merilis Android N Developer Preview karena mereka berharap untuk mendapatkan feedback sebanyak mungkin dari para pengembang software mengenai fitur-fitur yang hendak mereka usung. Patut diingat, sebelumnya, Android M Developer Preview juga tampil dengan beberapa fitur yang kemudian tidak terlihat di dalam produk jadi Android Marshmallow.

Lalu, apa saja yang baru di Android N Developer Preview? Cukup banyak.

– Menu antara system settings
Sebuah tombol menu hamburger (ikon dengan tiga garis bertingkat) kini akan ditanamkan di system settings, sehingga memungkinkan pengguna untuk bernavigasi secara cepat dari satu opsi ke opsi lain. Fitur ini sudah menjadi suatu standar dalam berbagai aplikasi-aplikasi Google.

– Pembalasan pesan melalui bar notifikasi
Fitur ini mungkin mengingatkan kita kepada iOS. Pesan yang masuk kini bisa langsung dijawab via bar notifikasi, sehingga pengguna tidak perlu meninggalkan aplikasi yang sedang aktif.

Artikel menarik:  Ini Dia 40 Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 9

– Mode multi-window
Fitur ini sudah muncul di Android M Developer Preview, tetapi kemudian menghilang. Kini, Google tampak lebih siap dalam mengusung fitur efisiensi multitasking tersebut. Dengan mode multi-window, pengguna akan bisa membagi layar untuk menampilkan dua jendela aplikasi sekaligus.

– Peningkatan mode doze
Sebelumnya, mode doze hanya akan aktif ketika perangkat tidak diganggu dalam waktu lama. Kini, Google mengatakan bahwa mode doze akan meminimalisir konsumsi baterai kapanpun layar dimatikan.

– Program Android Beta
Melalui program Android Beta, pengguna bakal bisa menerima preview serta update secara langsung tanpa perlu melakukan flashing. Selama perangkat pengguna kompatibel, pengguna bisa melakukan sign up untuk program Android Beta dan menerima preview dan pembaruan secara otomatis.

– Desain Svelte
Google telah lama bekerja keras dalam Proyek Svelte, yang bertujuan untuk membuat sistem operasi Android lebih ringan dan bisa dijalankan di perangkat-perangkat lama. Dikatakan bahwa Android N akan memiliki desain Svelte.

Seperti biasa, versi Developer Preview kali ini pun belum menyertakan nama lengkap dari Android N. Meski demikian, Hiroshi Lockheimer, ketua tim pengembang Android, mengutarakan candaan soal kemungkinan nama “Android Nutella”. Versi jadi Android N diperkirakan akan diluncurkan pada musim panas tahun 2016.