Berita

Kapan Pokemon Go Resmi Masuk Indonesia?

Demam Pokemon Go sedang mewabah di berbagai negara seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak orang terbius dengan game ini dan tergila-gila untuk berburu aneka Pokemon di dunia nyata. Sedikitnya, game besutan Nintendo ini telah diunduh oleh 50 juta pengguna Android melalui Google Play Store. Sementara untuk pengguna iPhone dapat mengunduhnya melalui aplikasi App Store. Sejak dirilis awal Juli 2016 hingga pertengahan bulan ini, versi resminya baru tersedia di tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru.

Kapan Pokemon Go Resmi Masuk Indonesia

Meski belum resmi, beberapa developer menyediakan Pokemon Go dalam bentuk file APK atau android application package berkapasitas 58,06 MB yang dapat diunduh oleh pengguna Android di Indonesia secara gratis. Oleh karena masih diragukan keasliannya, pengguna Android harus berhati-hati karena disinyalir pihak-pihak tak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini dengan menyediakan file APK palsu. File tersebut berpotensi membawa malware yang dapat menyusup dan merusak perangkat Android tanpa sepengetahuan penggunannya. File APK juga dapat menjadi media pembawa virus.

Apa itu sebenarnya Pokemon Go? Game ini merupakan permainan berbasis augmented reality yang dapat diakses melalui smartphone. CEO Pokemon Tsunekazu Ishihara dan CEO Nintendo Satoru Iwata telah bekerja sama selama dua tahun untuk mengembangkan game Pokemon Go. Dengan menggunakan sinyal GPS, pengguna smartphone dapat menangkap Pokemon virtual di dunia nyata sesuai dengan lokasi yang ditunjukkan di layar. Tidak hanya berburu, Anda bisa ikut merasakan pengalaman melatih dan saling mengadu Pokemon di dunia nyata.

Artikel menarik:  Laptop Chipset Smartphone? Perkenalkan Asus NovaGo & HP Envy x2

Lantas, kapan Pokemon Go masuk Indonesia? Berhembus kabar bahwa mobile game ini akan rilis secara resmi di wilayah Asia, termasuk Indonesia, pada hari Jum’at tanggal 15 Juli 2016. Rumor tersebut dilatarbelakangi App Store yang selalu melakukan update konten global setiap hari Kamis waktu Amerika Serikat atau Jum’at waktu Indonesia. Isu yang dimaksud makin diperkuat dengan Niantic Labs yang telah menguji server Pokemon Go untuk wilayah Asia selama 30 jam sejak 10 Juli 2016 lalu.

Ternyata, prediksi tersebut tidak sepenuhnya benar. Selaku developer resmi dari Pokemon Go, Niantic rupanya lebih memilih untuk terlebih dulu melakukan ekspansi di wilayah Eropa, tepatnya di Jerman. Belum ada jadwal pasti kapan game pendatang baru ini akan rilis di Asia, termasuk Indonesia. Yang jelas, Niantic sedang menyempurnakan sistem untuk menjaga server tidak down mengingat antusias publik yang tinggi dengan kehadiran Pokemon Go. Sejumlah gamer kembali memprediksi, aplikasi Pokemon Go original akan rilis paling cepat akhir bulan ini.

Kita tunggu saja informasi resminya.